Perlu Diperhatikan ! 10 Kesalahan Dalam Penggunaan Teflon Yang Tidak Di Sadari

10 Kesalahan Dalam Penggunaan Teflon Yang Tidak Di Sadari

Kesalahan Penggunaan Teflon – Teflon adalah peralatan masak dengan lapisan anti lengket. Lapisan ini tentunya berguna untuk mempermudah pengolahan makanan. Maka tak heran jika peralatan masak ini sering dijadikan pilihan untuk memasak.

Teflon, senyawa bermolekul tinggi dalam Teflon, membuat Anda terhindar dari keharusan menggunakan banyak minyak saat menggoreng. Selain untuk menggoreng, teflon juga bisa digunakan untuk membuat sup yang melalui proses perebusan

Baca Juga : Service Kompor Bekasi

Manfaat tersebut tentunya bisa dinikmati dalam jangka panjang jika digunakan dengan benar. Pasalnya, teflon sendiri merupakan alat memasak yang tahan lama. Namun, beberapa kesalahan memasak yang tidak Anda sadari ternyata bisa menyebabkan Teflon cepat rusak dan tergores.

Oleh karena itu, perlu dipahami faktor apa saja yang dapat merusak teflon. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat 10 Kesalahan Memasak yang Dapat Merusak Teflon.

Perlu Diperhatikan ! 10 Kesalahan Dalam Penggunaan Teflon Yang Tidak Di Sadari

1. Teflon Dipanaskan Tanpa Minyak

Saat teflon masih lembap dan lembap, kita cenderung memanaskannya terlebih dahulu untuk mengeringkan teflon. Sayangnya, memanaskan teflon tanpa minyak dapat merusak lapisan teflon sehingga kurang tahan lama. 

Pada saat yang sama, lapisan teflon yang rusak dapat menyebabkan makanan menempel pada peralatan masak.

2. Gunakan peralatan masak besi.

Menggunakan peralatan masak seperti spatula pengaman adalah aturan penting saat memasak dengan Teflon.

Alat besi dapat dengan mudah menggores permukaan teflon dan mempengaruhi tercampurnya lapisan teflon saat memasak

Untuk amannya, coba gunakan spatula atau peralatan masak lain yang terbuat dari kayu atau silikon tahan panas yang lebih ramah teflon.

3.Memakai Teflon Dengan Api Besar

Kesalahan memasak berikutnya yang dapat merusak teflon adalah memasak makanan dengan panas tinggi saat menggunakan teflon. Panas berlebih dari proses pemasakan ini dapat memperpendek umur teflon. 

Lebih buruk lagi, suhu ekstrem yang bersentuhan dengan PTFE dapat menyebabkannya melepaskan bahan kimia beracun ke udara.

4. Masak makanan asam.

Juga, Anda tidak boleh menggunakan teflon untuk memasak makanan yang mengandung asam. Asam di ketahui cepat merusak permukaan Teflon.

“Makanan seperti ini (asam) mempercepat penuaan Teflon karena asam menyebabkan Teflon berbusa,

5. Bilas teflon selagi masih panas.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah proses pembersihan. Membilas teflon saat masih panas juga dapat mempengaruhi kualitas teflon saat di gunakan kembali. 

Selain itu, saat menggunakan masakan superheated, perubahan suhu yang di sebabkan oleh pembilasan teflon panas dapat merusak permukaan teflon. Lapisan pelindung wajan antilengket akan berkerut dan mengelupas seiring waktu.

6.Merendam Teflon Dengan Air

Teflon sering di rendam dalam air karena di anggap dapat menghilangkan sisa kerak makanan yang menempel. Ini sangat mudah selama pembersihan. 

Tapi jangan terlalu lama atau sampai semalaman. Jika teflon di rendam dalam air terlalu lama, lapisan antilengket akan menjadi rapuh dan terkelupas.

7. Bersihkan dengan spons kasar.

Memang, membersihkan sisa makanan lengket dari Teflon terkadang cukup sulit. Banyak orang sering menggunakan spons kasar untuk menggosoknya secara ekstrim. Padahal, cara ini justru bisa membuat teflon cepat rusak.

Nah, jika Anda memiliki noda membandel, cukup rendam dalam air jeruk nipis sebentar dan oleskan dengan spons yang lebih lembut. Anda juga bisa menggunakan air panas untuk menghilangkan noda.

8. Digunakan Untuk Memasak Tomat Dan Lemon

Tomat dan lemon adalah makanan tinggi asam. Selain itu, memasak bahan ini dengan teflon akan merusak permukaan teflon. makanan seperti tomat dan lemon cenderung lengket dan mengendurkan lapisan antilengket. Beberapa teflon malah pecah setelah penggunaan pertama saat digunakan untuk memasak tomat atau lemon.

9. Gunakan semprotan memasak Aerosol

Semprotan minyak (spray oil) sering digunakan dalam memasak karena sangat praktis. Tetapi Anda harus segera beralih ke minyak curah atau minyak biasa

Penggunaan kembali semprotan akan menumpuk dan melapisi permukaan Teflon saat memanas. Meskipun tidak memiliki efek langsung, penggunaan jangka panjang dapat merusak Teflon dan memperpendek umurnya.

10. Digunakan Untuk memasak rendang atau steak.

Kesalahan memasak yang membuat teflon cepat busuk dari berbagai sumber

Memasak rendang dan steak biasanya membutuhkan panas yang tinggi. Pada saat yang sama, panas berlebih dapat merusak permukaan PTFE dan berbahaya. Saat Teflon dipanaskan hingga 350C, lapisannya terpisah dan menghasilkan gas beracun dan partikel berbahaya.

Selesai sudah kini anda sudah tahu kan hal yang tidak anda sadari ketika anda menggunakan teflon untuk memasak dan beberapa kesalahan dalam memasak di dapur menggunakan teflon 

Baca Juga : Service Kompor Modena Bekasi

Supaya teflon anda awet anda perlu menghindari hal di atas atau jangan gunakan teflon anda dengan sering ketika anda membutuhkan teflon untuk memasak seperti keperluan yang di larang di artikel di atas

Oke ,semoga bermanfaat dan selalu pantengin terus artikel terbaru dari servicekomporoven.com supaya anda dapat informasi yang bermanfaat dan berbagai tips trik seputar dapur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.