Tidak Banyak Yang Tahu! 10 lokasi dapur dan kamar mandi yang baik

Tidak Banyak Yang Tahu! 10 Lokasi Dapur Dan Kamar Mandi Yang Baik

10 lokasi dapur dan kamar mandi yang baik – Bagi sebagian orang, menentukan letak dapur dan kamar mandi yang baik tidak hanya berdasarkan estetika. ada  aturan khusus dalam mengatur benda, bangunan, dan ruang di suatu lingkungan.

Lalu di manakah letak tepatnya dapur dan kamar mandi? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini!

Penempatan dapur dan kamar mandi yang baik

dan tata letak dapur dan kamar mandi dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari orientasi wajah hingga pilihan warna cat dinding. Berikut ini, Prospek saya telah mengumpulkan beberapa tips untuk mendesain penempatan dapur dan kamar mandi yang baik

Tidak Banyak Yang Tahu! 10 lokasi dapur dan kamar mandi yang baik

1. Perhatikan arah menghadap kamar mandi

Tips pertama untuk tata letak dapur yang baik dan lokasi kamar mandi  adalah memperhatikan arah berlawanan kamar mandi bathtub. Agar aliran dan semangat ruang bekerja dengan baik, tata letaknya harus tepat.

Elemen kamar mandi juga harus dilihat dari arah menghadapnya, misalnya arah menghadap toilet tidak boleh menghadap atau menjauhi jalan raya. Ini untuk tujuan tidak menghalangi hidup

2. Hindari menempatkan dapur dan kamar mandi berseberangan

Tips yang ke dua adalah anda harus hindari menempatkan dapur dan kamar kecil saling berhadapan atau berdekatan, hindari menempatkan dapur dan kamar mandi saling berhadapan atau berdekatan, Hindari penempatan dapur dan kamar mandi yang saling berhadapan, karena kamar mandi dengan elemen air dapat memadamkan elemen api di dapur.

Baca Juga : Service Kompor Ariston Depok

Jika Anda memiliki rumah 2 lantai, hindari juga area dapur yang bersentuhan langsung  dengan kamar mandi atau kamar tidur di atas. Berikan jeda atau pembatas agar kedua ruang  tidak saling berdekatan.

Di percaya tidak baik untuk kesehatan dan keharmonisan dalam keluarga. Namun, jika Anda sudah  memiliki gambaran letak dapur dan kamar mandi yang letaknya berdekatan, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan  menutup pintu kamar mandi setiap saat.

3. Dapur tidak langsung menghadap pintu

Hal lain yang  tidak baik untuk keharmonisan suami istri atau keluarga adalah  dapur ditata di depan pintu, dapur tidak boleh ditata tepat di depan pintu masuk dan keluar ruang utama. Itulah sebabnya saat ini banyak model rumah yang memiliki dapur yang terletak di bagian belakang rumah.

Selain dapat diandalkan dalam menjaga keharmonisan, menempatkan kompor tidak di depan pintu  juga akan mengurangi kerugian dapur saat digunakan untuk memasak.

Namun, pastikan dapur Anda tetap bersih, meskipun terletak di bagian belakang tempat tinggal. Karena di percaya dapat membawa banyak energi positif.

4. Dapur tidak berada di tengah rumah

Saran berikut untuk menata letak  dapur dan kamar mandi  adalah dengan tidak menempatkan dapur di  tengah rumah. Sebab, bagian tengah rumah di ibaratkan seperti hati manusia.

Dengan demikian, Anda dapat menikmati area tengah rumah dengan ruang keluarga, sedangkan dapur dapat di pindahkan ke area belakang. Logikanya, menempatkan dapur di tengah rumah cukup berbahaya karena berhimpitan dengan api unggun.

5. Pemisahan dua elemen api dan air di dapur

Dapur memiliki dua elemen sekaligus,  api dan air. Unsur air yang dimaksud  seperti mesin pencuci piring atau lemari es, sedangkan unsur api adalah kompor. kedua unsur tersebut harus dipisahkan.

Jika memungkinkan, coba buat elemen api dan air membentuk segitiga. Bila ruangan terbatas, Anda bisa menyiasatinya dengan berseberangan atau memasang partisi. Hal ini di percaya untuk menghindari adanya perselisihan di antara penghuni di dalamnya.

6. Gunakan warna cerah pada dapur

Selain pemisahan elemen api dan air pada dapur, Anda juga bisa memanfaatkan warnawarna cerah untuk interior dapur, seperti warna cat dinding, kitchen cabinet, peralatan masak, dan sebagainya.

salah satu warna cerah terbaik yang disarankan adalah warna kuning, sebab di percaya baik untuk kesehatan pencernaan dan kegembiraan.

7. Pertahankan posisi kamar mandi dengan tempat tidur

kamar mandi membawa unsur air, dan kamar tidur mewakili unsur udara. Oleh karena itu, Anda harus menjaga posisi kamar mandi dalam kaitannya dengan kamar tidur Anda. Karena jika mereka berdekatan, itu seharusnya mengganggu kenyamanan Anda.

Selain itu, kamar mandi yang melambangkan unsur Air cenderung membuat ruangan menjadi lembab sehingga dapat mempengaruhi kualitas higienis ruangan Anda.

8. Pahami aturan penempatan kamar mandi di bawah tangga

Tips menata dapur dan kamar mandi yang baik selanjutnya adalah menghindari penempatan kamar mandi di bawah tangga, karena itu tidak baik.

Namun, jika Anda pernah menggunakan kolong tangga sebagai kamar mandi,  Anda dapat menggunakan warna-warna terang untuk tangga dan dinding di sekitarnya dan pastikan Anda selalu menutup pintu kamar mandi.

Pastikan juga sirkulasi udara dan penerangan di kamar mandi dan tangga baik ya?

9. Menjaga Kamar Mandi dengan Tempat Ibadah

Hampir semua agama memandang kamar mandi sebagai ruang yang cenderung kotor dan rendah energi  baik. Karena itu, hindari menempatkan kamar mandi di dekat atau bahkan di samping tempat ibadah.

Bagi Anda yang beragama Islam, sebaiknya hindari juga menempatkan kamar mandi ke arah kiblat, karena hal ini tidak sesuai dengan kaidah moral. Bahkan menempatkan kamar mandi yang berdekatan dengan ruang ibadah juga merupakan hal yang harus di hindari.

10. Perhatikan letak kamar mandi di lantai atas

Tips terakhir menata letak  dapur dan kamar mandi  menurut feng shui adalah dengan memperhatikan letak kamar mandi di lantai atas. , seperti yang dikatakan mempengaruhi kesehatan dan keharmonisan keluarga Anda.

Bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat dan berencana membangun kamar mandi di lantai paling atas, sebaiknya hindari menempatkan ruang  tepat di atas dapur, kamar tidur, atau ruang ibadah.

Ini adalah 10 lokasi dapur dan kamar mandi terbaik. Jika Anda ragu, Anda tidak akan pernah mengikuti beberapa aturan di atas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.