Sering dianggap sepele, 10 peralatan dapur ini punya banyak Fungsi

Sering dianggap sepele, 10 peralatan dapur ini punya banyak Fungsi

10 peralatan dapur – Dapur sepertinya menjadi bagian rumah yang sangat penting. Terutama bagi mereka yang memiliki hobi kuliner. Di banyak rumah, dapur juga merupakan bagian dari ruang makan. Jadi kalau dapur juga jadi tempat hang out bareng keluarga, nggak apa-apa juga.

Peralatan masak di dapur harus ada berbagai macam seperti kompor, lemari es, panci dan wajan, piring, sendok, pisau, dll untuk memudahkan kegiatan memasak dan makan. Namun, ada juga berbagai jenis furnitur yang dianggap tidak terlalu penting.

Anda pasti sering menjumpai beberapa peralatan dapur yang jarang atau tidak digunakan sama sekali, bukan? Padahal, alat-alat tersebut membantu membuat aktivitas memasak lebih aman, nyaman dan maksimal.

Lantas, peralatan dapur apa lagi yang sering terabaikan?

Apa Yang Dimaksud Peralatan Dapur?

Apa Yang Dimaksud Peralatan Dapur?

Sering mendengar istilah peralatan dapur yang sering anda jumpai tidak banyak orang tahu bahwa ada pengertian dibalik peralatan dapur

Peralatan dapur atau bisa di definisikan sebagai peralatan yang sangat berfungsi derta memiliki manfaat atau sebuah alat yang di gunakan untuk memasak bahkan bisa juga di pakai untuk menyajikan makanan atau menghidangkan masakan untuk keluarga anda.

Fungsi Alat Dapur

Fungsi alat dapur sebagaimana sudah di katakan sebagai alat untuk memasak atau bahkan yang lainnya Sebagau berikut.

  • Alat Dapur Dipakai Memasak
  • Peralatan Dapur Untuk Menghidangkan Makanan
  • Untuk Memotong-Motong
  • Digunakan Untuk Kebutuhan Dapur
  • Dll.

Baca Juga : Service Kompor Gas Jakarta Barat

Ada pula Beberapa di bawah ini yang merupakan alat dapur yang sering terlupakan namun sangat banyak fungsinya simak di bawah ini ya!

1.Gunting Dapur

Gunting dapur berbeda dengan gunting biasa. Pasalnya, gunting ini khusus digunakan di dapur. Selain untuk mempermudah memotong bahan, membuka bungkus makanan dan bumbu, gunting ini juga bisa digunakan untuk membuka tutup botol lho. Beberapa jenis gunting dapur juga dilengkapi dengan kunci atau alat pengaman agar tetap aman.

2. Papan potong.

Bagi sebagian orang, menggunakan talenan dianggap tidak praktis dan memakan tempat. Apalagi bagi yang sering memasak dengan bahan yang sedikit saja. Ternyata selain nyaman, talenan juga bisa membantu kita memotong sayuran dengan aman, dan lebih higienis dan rapi.

3. Serbet.

Beberapa orang menganggap serbet kurang penting karena sudah di ganti dengan tisu. Padahal, dengan menggunakan serbet, Anda meminimalkan limbah tisu yang Anda buang setiap hari. Bisa sediakan 2 atau 3 serbet di rumah, jadi kalau ada yang kotor harus di cuci

4. Timbangan

Tahukah Anda, timbangan makanan juga penting, terutama bagi mereka yang suka memasak. Dengan menghitung berat bahan atau bumbu yang di gunakan untuk menyesuaikan resep, Anda dapat mencegah hidangan gagal dalam pemrosesan.

5. Sarung tangan dapur.

Untuk menggunakan sarung tangan, kebanyakan orang lebih suka menggunakan hanya serbet atau tisu saat mengangkat panci, panci, atau loyang yang panas. Padahal, memindahkan furnitur panas bisa lebih praktis dan aman dengan menggunakan sarung tangan.

Baca Juga : Service Kompor Teka Tangerang

6. Tudung Saji

Tudung servis sering di abaikan, padahal alat ini sangat berguna. Ini melindungi makanan dan membuatnya tetap bersih dan higienis. Karena makanan yang di buka menarik banyak lalat, lalat ini dapat mencemari makanan dan menimbulkan ancaman kesehatan.

7. Sendok dan gelas ukur

Alat-alat ini juga sangat berguna bagi mereka yang suka memasak. Jadi saat menambahkan bahan dan bumbu ke masakan Anda, Anda tidak perlu lagi menggunakan indra untuk menghitung jumlah. Gunakan sendok atau cangkir pengukur untuk pengukuran yang lebih akurat.

8. Pengupas.

Bagi sebagian orang, mengupas buah, sayur, dan bahan masakan lainnya hanya bisa di lakukan dengan pisau. Faktanya, pisau berisiko melukai tangan Anda, terutama saat mengupas bahan keras seperti wortel. Untuk keamanan ekstra, Anda bisa menyiapkan pengupas di dapur

9. Pemasak lambat atau pressure cooker.

Panci ini sangat cocok untuk memasak bahan-bahan keras yang membutuhkan waktu lama untuk dimasak, seperti daging. Nah, kalau pakai pressure cooker ini bisa mempersingkat waktu memasak lho. Jadi Anda juga lebih menghemat penggunaan gas.

10. Celemek.

Celemek umumnya di anggap tidak berguna, sehingga beberapa orang jarang menggunakannya saat memasak di dapur. Padahal, celemek bisa berfungsi menjaga kebersihan pakaian yang Anda pakai saat memasak.

celemek juga bisa membuat aktivitas memasak lebih aman. Misalnya, hindari kontak fisik dengan minyak panas yang sering terciprat.

Nah itu dia 10 daftar dari awal sampai akhir untuk alat dapur yang serbaguna dan hampir terlupakan namun sangat berfungsi sekali 

Semoga memberikan manfaat untuk tips dan trik serta rekomendasi alat dapur yang serbaguna sebagaimana untuk perlengkapan dapur anda serta menjadikan memasak anda lebih simpel dan menyenangkan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.