5 Cara Ampuh Menghilangkan Karat Dengan Bahan Dapur

5 Cara Ampuh Menghilangkan Karat Dengan Bahan Dapur

5 Cara Ampuh Menghilangkan Karat – Saat Anda meninggalkan peralatan masak di dapur, sangat mungkin peralatan ini berkarat. Meski begitu, peralatan masak merupakan alat yang penting, terutama penggorengan. Anda bisa menggunakan wajan setiap hari untuk menggoreng.

Jika  berkarat, peralatan dapur Anda akan mudah rapuh dan memiliki sifat beracun. Tak hanya itu, sifat racunnya bisa merusak peralatan dapur lain yang Anda miliki. Jika kamu memiliki wajan yang sudah berkarat, jangan langsung membuangnya.

Apa itu Karat?

5 Cara Ampuh Menghilangkan Karat Dengan Bahan Dapur

Anda pasti sangat kaget ketika melihat peralatan rumah tangga besi Anda berkarat. Benda besi dan logam sangat rentan terhadap karat. Karat adalah hasil dari reaksi kimia yang dikenal sebagai korosi. Besi atau logam  berkarat  bersifat rapuh, mudah larut, dapat bercampur dengan logam lain, dan sangat beracun.

Meskipun sangat di perlukan, benda besi dan logam  berkarat ini mudah di bersihkan sendiri. Cara mengatasi karat  sebenarnya cukup mudah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bantuan bahan-bahan rumahan lainnya yang sederhana dan mudah di temukan.

Baca Juga : Service Kompor Gas Bekasi Timur

Bila Anda melihat ada alat dapur seperti wajan besi atau logam berkarat , lebih baik segera perbaiki. Memang akan sangat berbahaya bagi kesehatan  jika menggunakan alat yang berkarat.

Padahal wajan yang berkarat dapat kamu bersihkan dengan peralatan dapur dan caranya gampang lho. 

Sebelum ke pembahasan cara cara mengilangkan karat anda perlu tahu dulu bagaimana sih prosesnya bisa terjadi korosi atau karat simak di bawah ini!

Proses Terjadinya Karat 

Besi  tua atau terlalu sering terkena air akan menghitamkan dan berkarat.

Karat pada setrika akan menyebabkan warna besi  menjadi merah atau coklat dan tekstur permukaan tampak kasar.Bahkan jika setrika berkarat terlalu lama, dapat menyebabkan lubang atau patah pada besi

Nah,  orang tua kami dulu menyuruh kami untuk tidak menyentuh barang-barang berkarat itu.

Di khawatirkan karat nantinya akan menyebabkan penyakit tetanus jika kulit kita tidak sengaja tergores dan terluka oleh karat.Nah, karena karat, permukaan besi yang tadinya mengkilat dan halus menjadi kasar dan tidak mengkilat lagi.

Jika karat pada besi tidak terlalu parah, karat biasanya dapat di hilangkan dengan metode atau cairan tertentu.Namun, jika karat pada permukaan besi  terlalu besar, akan merusak besi dan tidak dapat di perbaiki.

Paparan oksigen dan air dapat menyebabkan besi berkarat ,Besi  di luar ruangan dan selalu terpapar oksigen dan air akan lebih mudah berkarat daripada besi  di dalam ruangan.

Karat, secara ilmiah dikenal sebagai oksida besi,  hanya ada dalam dua  logam,  besi dan baja.

Karat adalah perubahan kimia yang terjadi secara alami yang menyebabkan korosi atau kerusakan pada permukaan logam.

Nah, ada dua hal yang dapat menyebabkan logam berkarat: udara dan air.Inilah sebabnya mengapa besi di biarkan di luar ruangan dan sering terkena udara dan air akan lebih mudah berkarat daripada besi yang tidak terkena air dan ‘udara.

Sebagai hasil dari paparan ini, besi akan memiliki warna  kemerahan atau kecoklatan, yang kita sebut karat.

Namun, ada juga karat yang memberi warna kehijauan pada besi, yang sering terjadi pada klorida yang bersentuhan dengan besi, sering terlihat pada bangkai kapal  di dasar laut.

Karat terjadi karena adanya tiga komponen yang menyebabkan reaksi kimia

Karat  logam, seperti besi dan baja, terjadi sebagai akibat dari reaksi kimia yang dikenal sebagai oksidasi Proses elektrokimia atau korosif, merusak permukaan dari besi.

Proses pengkaratan ini melibatkan tiga unsur yaitu  besi, air dan oksigen.Ketika air bersentuhan dengan besi, ia bercampur dengan karbon di udara untuk membentuk asam karbonat.

Baca Juga : Service Kompor Modena Tangerang

Asam yang terbentuk  akan menyebabkan besi larut dalam logam.

Sedangkan  air akan mulai terurai menjadi dua komponen yang berbeda,  hidrogen dan oksigen.Nah, hidrogen dan oksigen dicampur dengan atom  besi  yang  menyebabkan karat pada permukaan besi.

Sebagai hasil dari proses ini,  senyawa kimia baru terbentuk, membentuk oksida besi atau karat.

Mengurangi oksigen dan air dalam kontak dengan besi dapat mencegah karat

Karena oksigen dan air dapat menyebabkan karat,  besi tidak mudah berkarat. Solusinya adalah dengan mengurangi paparan kedua zat ini terhadap zat besi.Hal ini dapat di lakukan dengan melapisi setrika dengan cat khusus besi, agar permukaan setrika tidak  terkena  udara dan air secara langsung.

Jika Anda memiliki benda besi kecil, agar tidak cepat berkarat, masukkan ke dalam wadah kedap udara setelah di gunakan.

Ini dapat mengurangi risiko karat, karena udara juga mengandung partikel air yang dapat menyebabkan besi berkarat.Nah jika anda sudah baca di atas yuk langsung aja ke cara nya mari kita gasskan simak sampai akhir

Berikut 6 cara membersihkan karat di wajan dengan menggunakan bahan dapur

1. Cuka putih.

Jika kamu menemukan wajanmu berkarat, kamu dapat menggunakan cuka putih untuk membersihkannya. Pertama, rendam panci dalam wadah  cuka semalaman. Setelah direndam, Anda bisa menggosok panci dengan sikat  kawat.

2. Lemon dan garam.

Kedua, Anda bisa menggunakan lemon dan garam. Caranya cukup sederhana, tutup panci dengan  garam. Kemudian peras air jeruk nipis, tunggu 1-2 jam. Kemudian, gosok bagian yang berkarat dengan kulit lemon. Terakhir, jangan lupa di cuci.

3. Baking soda.

Kamu juga dapat menggunakan baking soda untuk membersihkan karat lho. Campur baking soda dengan air sampai membentuk pasta. Lalu, balurkan pada area wajan yang berkarat. Tunggu 1 sampai 2 jam, kemudian sikat wajan dengan sikat kawat, bilas sampai bersih.

4. Kentang. Anda dapat menggunakan

Kentang  untuk membersihkan panci berkarat. Caranya adalah dengan memotong kentang, gosok kentang dengan sabun cuci piring dan garam, lalu gunakan kentang untuk menggosok karatnya. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

5. Air soda.

Sparkling water atau air soda , bisa juga di gunakan untuk menghilangkan karat lho. Tip, tuangkan air berkarbonasi ke area wajan yang berkarat. Kemudian gunakan handuk yang  di basahi  air soda untuk menggosok. Gosok sampai karat hilang dan bilas sampai bersih.

6.Asam Sitrat

Metode keenam untuk mengatasii karat adalah dengan menggunakan asam sitrat atau larutan asam. Anda dapat membeli asam sitrat  di toko makanan kesehatan dan di bagian pembuatan kue di beberapa supermarket. Asam sitrat adalah bahan yang bekerja sangat baik untuk  menghilangkan karat.

Cara mengatasi karat pada besi dengan asam sitrat dengan mencampurkan air hangat dengan asam sitrat, merendam barang yang berkarat selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah terendam air, karat akan mulai melunak, gunakan sikat atau sikat bulu untuk menggosok permukaan benda berkarat  untuk menghilangkan semua sisa karat. Ulangi jika karat masih ada.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.