Sebelum Membeli Ketahui 5 Jenis Oven dan Fungsinya

Sebelum Membeli Ketahui 5 Jenis Oven dan Fungsinya

Jenis Oven Dan Fungsinya – Tidak hanya digunakan untuk membuat kue, oven juga bisa digunakan untuk memasak, memanaskan, dan memanggang kue lho. Seiring berjalannya waktu, peralatan dapur ini juga semakin beragam dan multifungsi.

Ada berbagai jenis oven yang tersedia saat ini dan tentu saja ada juga perbedaan dalam penggunaannya. Jenis-jenis tersebut adalah oven listrik, oven konvensional, oven microwave dan masih banyak lagi.

Sebelum Membeli Ketahui 5 Jenis Oven dan Fungsinya

Perbedaan Oven dan Microwave

Baca Juga : Service Kompor Ariston Jakarta Barat

Fungsi dan Tujuan Oven

Perbedaan utama antara oven dan microwave oven jelas dalam fungsi dan tujuannya.

Oven  untuk makanan yang perlu dimasak atau dipanggang. Meskipun oven microwave tidak memiliki fungsi memasak, oven ini hanya memiliki fungsi pemanasan.

Jika Anda suka memanggang roti dan kue mangkuk, yang membutuhkan proses pemanggangan, oven akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Namun, jika Anda hanya membutuhkan satu alat untuk memanaskan sisa makanan semalaman, microwave adalah pilihan terbaik.

Cara Kerja Oven

Cara Kerja Oven

Oven beroperasi dengan menggunakan sumber energi listrik atau gas. Elemen pemanas dalam oven akan mengubah energi ini menjadi panas, yang kemudian ditransmisikan dan didistribusikan secara merata ke  seluruh ruang oven untuk memasak makanan.

Tidak seperti oven, oven microwave menggunakan gelombang mikro elektromagnetik. Ketika gelombang mikro diserap oleh makanan, molekul air  terus bergerak, bertabrakan satu sama lain dan menghasilkan panas.

Proses ini menyebabkan microwave menaikkan suhu makanan dengan sendirinya

Penggunaan Listrik

Faktanya, oven membutuhkan listrik  jauh lebih sedikit daripada oven microwave. Namun karena proses memasak dan memasak yang terlalu lama, konsumsi daya juga membengkak.

Ini adalah kebalikan dari oven microwave. Selama penggunaan, oven microwave membutuhkan listrik dalam jumlah besar. Namun karena waktu pemanasan yang sangat singkat, maka konsumsi daya menjadi lebih hemat.

Efisiensi Hasil makanan

Memasak dalam oven di mulai dari bagian luar makanan dengan bantuan udara panas di dalam oven. Hasilnya adalah makanan yang matang secara merata, lebih renyah di luar dan berwarna lebih kecoklatan, namun tetap lembut dan empuk di dalam. Sangat cocok untuk yang suka memanggang roti, memanggang daging.

Akibatnya, makanan setelah dipanaskan kembali dalam microwave  cenderung mengering. Ini karena sistem operasi microwave  mengurangi kelembapan, sehingga menghilangkan kelembapan dari makanan. Microwave juga tidak di maksudkan untuk membuat makanan menjadi renyah.

Wadah Untuk Makanan Di Oven

Meski terdengar tidak berbahaya, ternyata wadah makanan yang di perbolehkan di oven dan di microwave juga berbeda. Tidak semua bahan bisa di gunakan di kedua peralatan dapur ini.

Untuk oven microwave, Anda selalu dapat menggunakan wadah plastik asalkan memiliki label aman untuk microwave. Bahan kaca juga relatif aman untuk dipanaskan di microwave.

Untuk oven, pastikan  hanya menggunakan loyang, ubin keramik tahan panas, atau aluminium foil. Wadah kaca biasa tidak aman di gunakan dalam oven karena cenderung pecah pada suhu yang terlalu tinggi. Terlepas dari bahan plastiknya, Anda tidak boleh menggunakannya untuk oven.

Sebelum Beli Oven Bandingkan Harga Terlebih Dahulu

Oven  cenderung lebih terjangkau daripada oven microwave. Namun, ketika di gunakan, oven microwave memiliki efisiensi energi yang tinggi, sehingga biayanya lebih rendah daripada oven.

Baca Juga: Service Kompor Ariston Jakarta Timur

Nah, itulah delapan perbedaan oven dan microwave yang perlu Anda ketahui. Jadi mana yang paling Anda butuhkan? Jangan  salah beli

Sebelum membeli oven, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis oven dan perbedaannya. Agar tidak bingung, berikut lima jenis ovennya

1. Oven Kompor

Pada umumnya oven ini dipanaskan di atas kompor. Harganya cukup terjangkau, namun kekurangannya adalah Anda tidak bisa mengatur suhu yang di inginkan. Oven ini di gunakan untuk memanggang kue dan roti. Tetapi Anda harus memperkirakan suhunya sendiri.

2. Oven tradisional.

Kini ada Oven konvensional sangat umum di gunakan di dapur. Oven ini bekerja dengan elemen listrik untuk memasak atau dengan kompor gas. Oven konvensional di gunakan untuk memasak makanan seperti pizza, roti, kue, dan makanan lainnya.

3. Oven listrik.

Seperti namanya, oven listrik menggunakan panas dari listrik. Oven ini dinilai lebih hemat di banding oven kompor karena suhu oven listrik bisa diatur. Oven jenis ini sangat cocok untuk memanggang kue seperti kue, roti, ayam dan lain-lain.

4. Oven konveksi.

Memasak dalam oven konveksi memungkinkan makanan matang lebih merata. Ini karena ada kipas di bagian belakang yang membantu mengalirkan udara ke seluruh oven. Oven jenis ini dapat di gunakan untuk membuat kue seperti cake dan kue kering.

5. Microwave.

Microwave adalah yang paling umum dari semua oven. Gelombang mikro bekerja dengan menggunakan gelombang radio untuk melakukan semua proses seperti memasak atau memanaskan makanan. Microwave biasanya di gunakan untuk memanaskan dan memanggang makanan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.