7 Cara Membersihkan Talenan Kayu dari Jamur

7 Cara Membersihkan Talenan Kayu dari Jamur

Cara Membersihkan Talenan – Talenan yang terbuat dari kayu dinilai lebih awet dan mudah digunakan sebagai alat untuk memotong berbagai makanan. Sayangnya, talenan kayu yang terpapar berbagai bahan makanan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur.

Apalagi jika talenan kayu tidak dibersihkan dengan baik.

Jamur yang tertinggal di talenan bisa berbahaya jika tidak ditangani. Hal ini dikarenakan jamur pada talenan kayu dapat meracuni makanan yang sedang dimakan. Selain itu, jika makanan tidak diolah dengan sempurna, dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Apa Itu Talenan?

7 Cara Membersihkan Talenan Kayu dari Jamur

Talenan adalah salah satu alat yang paling penting  di dapur, terutama untuk mengiris daging, sayuran, umbi-umbian, buah-buahan dan  makanan lainnya.

Talenan kayu telah lama dikenal  di seluruh dunia  sebagai barang dapur.

Ada dua jenis talenan yang ada di dapur yang mana ini dapat menjadikan anda lebih efektif dalam hal memotong motong bumbu masak atau lainnya.

1.Talenan Kayu

Talenan kayu biasa yang di gunakan banyak orang hampir di seluruh dunia ada yang sebagian tidak menggunakan talenan kayu juga sebenernya tapi kebanyakan pakai untuk perlengkapan memasak di dapur.

Kita sedang membahas talenan kayu kan! Nah jadi sebisa mungkin anda rawat sebaik mungkin talenan kayu ini karena dalam segi pemakaian nya jika sudah mempunyai bekas goresan pisau di talenan kayu tersebut maka akan di endapi oleh jamur nah di situlah karena adanya jamur pada talenan karena adanya bekas goresan tersebut

Dengan demikian usahakan anda jangan melakukan goresan sedikitpun pada talenan kayu

Jika sekalinya ada goresan maka langsung saja anda bersihkan nanti tips membersihkan nya ada di bagian bawah artikel ya anda simak sampai habis 

2.Talenan Plastik

Seiring berkembangnya zaman di indonesia bahkan seluruh dunia sudah mengenal yang namanya talenan plastik ,dengan berbahan plastik yang elastis dan lentur kini menjadikan perlengkapan dapur yang satu ini seperti talenan lebih bernuasa modern dengan dapur yang modern di zaman ini peralatan pun harus serba modern 

Selain bahan plastik ini ada pula yang menggunakan bahan dari keramik yang mana sangat kuat dan awet tahan lama bahkan dalam hal membersihkannya pun lebih simpel di banding dengan talenan kayu ,anda wajib punya nih jika anda sudah memiliki dapur yang modern.

Nah itu dia 2 talenan yang telah di bahas di atas yang mana anda boleh menggunakan talenan kayu ataupun plastik atau juga anda boleh memiliki keduanya buat perlengkapan dapur anda.

Baca Juga : Service Kompor Ariston Bekasi

Sekarang saatnya di bawah ini akan menjelaskan bagaimana sih caranya supaya talenan kayu gak di penuhi jamur ini 7 tipsnya di bawah ini!

1.Dicuci Lalu Keringkan Talenan

Segera setelah di gunakan, bilas talenan dan bersihkan semua noda. Gunakan sabun dan spons, lalu bersihkan area yang bernoda. Setelah itu, keringkan talenan hingga benar-benar kering. Talenan yang dibiarkan dalam kondisi lembab akan memudahkan untuk di bentuk.

2. Bilas dengan air panas.

Untuk menghilangkan bakteri atau jamur sepenuhnya, Anda juga dapat menggunakan air panas saat mencuci talenan. Setelah di cuci dengan sabun, bilas talenan dengan air panas.

3. Gunakan lemon dan garam.

Lemon dapat di gunakan sebagai alternatif sikat untuk membersihkan talenan. Asam dalam lemon dapat membantu menghilangkan noda dari talenan kayu.

Caranya juga sangat sederhana, cukup taburkan garam di talenan kayu. Gosok talenan dengan irisan lemon. Di amkan selama 5 menit agar bakterinya benar-benar hilang. Bilas dan rendam dalam air panas, lalu jemur hingga kering.

4. Di sterilkan dengan cuka.

Cuka dapat bertindak sebagai antiseptik untuk mendisinfeksi talenan kayu. Tips, sebaiknya campurkan cuka putih dengan air, lalu rendam talenan selama 30 menit. Bilas secara menyeluruh dan keringkan dengan benar.

Metode ini cukup untuk penggunaan sesekali untuk menjaga kebersihan talenan kayu selama penggunaan terus menerus. Talenan bebas dari jamur atau bakteri.

5. Gunakan soda kue.

Selain garam, cuka, dan lemon,  soda kue juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan talenan kayu. Soda kue jenis ini tidak hanya berfungsi melawan jamur, tetapi juga  menghilangkan bau pada talenan.

Cukup campur  soda kue dengan garam dan air bersih. Gosokkan pada talenan kayu. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.

6. Lumasi dengan minyak.

Agar tidak terlalu kering dan  rapuh, talenan harus diminyaki sesering sebulan sekali. Gunakan minyak kelapa atau minyak sayur untuk melumasi permukaan. 

Baca Juga : Service Kompor Tecnogas Jakarta Selatan

Kemudian tunggu beberapa menit agar minyak meresap ke dalam serat kayu. Kemudian bersihkan minyak dengan mencuci dan membilasnya. Anda juga bisa menggunakan  kain lembab.

7. Simpan dalam kondisi kering.

Salah satu kunci terpenting untuk mencegah jamur pada talenan kayu  adalah  mengeringkannya secara menyeluruh setelah setiap pembersihan. 

Setelah benar-benar kering, cukup simpan talenan. Hindari tempat yang basah agar talenan tidak berjamur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.