Apa Itu Apar? ( Alat Pemadam Api Ringan )

Harus Sedia Alat APAR Di Dapur Anda

Alat APAR Di Dapur Anda – Dapur yang digunakan sehari-hari untuk memproduksi makanan pada dasarnya merupakan salah satu daerah yang rawan kebakaran. Banyaknya peralatan dapur yang berhubungan dengan listrik, api dan minyak merupakan penyebab paling mungkin terjadinya kebakaran di area dapur. Beberapa penyebab kebakaran dapur antara lain: tabung gas bocor, kesalahan memasak, terkena percikan minyak, dan lainnya.

Baca Juga : Service Kompor Gas Depok

Tetapi banyak pemilik dapur percaya bahwa dengan memasang sistem pemadam kebakaran sederhana, mereka tidak perlu lagi Melengka dapur mereka dengan alat pemadam api. Nah, jika Anda tidak memilih alat pemadam api atau APAR yang tepat untuk dapur Anda, anggapan tersebut salah.

Apa Itu Apar? ( Alat Pemadam Api Ringan )

Apa Itu Apar? ( Alat Pemadam Api Ringan )

Untuk Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah alat pemadam api dengan kemampuan pemadaman manual. Alat ini ringan, setara dengan satu hingga sembilan kilogram, dan dapat dioperasikan oleh satu orang. Seperti namanya, alat pemadam api ini dirancang untuk memadamkan kebakaran skala kecil. Secara khusus, alat pemadam kebakaran yang mengandung karbon dioksida memiliki berat sekitar dua hingga tujuh kilogram.

Alat ini juga dilengkapi dengan pengukur tekanan untuk menunjukkan tekanan di dalam pipa. APAR hanya untuk kebakaran kecil. APAR juga memiliki tanggal kedaluwarsa, biasanya setahun sekali. Pemadam kebakaran akan mengiklankan cara menggunakannya dan mengisi ulang alat pemadam kedaluwarsa dengan yang baru.

Mengapa membutuhkan alat pemadam api di area dapur? 

Jawaban paling sederhana adalah karena peraturan National Fire Service atau NFPA, Anda harus memiliki setidaknya satu alat pemadam kebakaran yang tersedia untuk digunakan di dapur untuk mengantisipasi kebakaran besar yang mungkin terjadi.

Kebakaran dapur atau kebakaran Kelas K melibatkan peralatan berenergi tinggi dan minyak nabati dengan suhu penyalaan otomatis yang tinggi. Saat terjadi kebakaran, keadaannya sudah panas dan adanya minyak dan lemak yang mudah menyebar memungkinkan terjadinya situasi kebakaran

Menjaga dapur dari bahaya kebakaran tidak hanya berlaku untuk dapur di industri katering, tetapi juga untuk dapur rumah tangga pada umumnya.  

Fungsi Alat Pemadam Di Dapur

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah alat yang di gunakan sebagai respon pertama jika terjadi kebakaran kecil. Mengingat betapa pentingnya fungsi alat pemadam kebakaran ini merupakan salah satu penanganan pertama.

Untuk fungsi di atas di harapkan anda selalu menggunakan alat tersebut untuk pemadaman api jangan untuk main-main dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Jenis – Jenis Alat Pemadam Api Di Dapur

Setelah mengenal fungsi dari alat pemadam api di dapur sekarang anda juga harus tahu jenis dari alat pemadam yuk simak di bawah ini :

Jenis Tabung Pemadam Kebakaran

1.Alat Pemadam Air 

Alat pemadam api berisi air adalah jenis bahan yang paling efektif untuk memadamkan api yang melibatkan bahan padat seperti kayu, kertas, dan tekstil. Ada 4 macam isi APAR yaitu : water spray, water spray, water with additives, fine water mist atau fine water mist.

2. Jenis isi Alat Pemadam Api Foam

Pemadam api busa ini paling baik untuk memadamkan kebakaran bensin atau solar. Selain itu, alat pemadam api isi busa lebih serbaguna karena juga dapat di gunakan untuk memadamkan bahan padat seperti kayu dan kertas. Perhatikan bahwa jenis pemadam busa ini tidak cocok untuk memadamkan kebakaran yang di sebabkan oleh kebakaran listrik.

3.  Alat pemadam api bubuk kering

Alat pemadam api bubuk serbaguna karena dapat memadamkan berbagai jenis kebakaran, termasuk kebakaran listrik. Namun, tidak di sarankan untuk menggunakan pemadam api bubuk ini di ruang tertutup karena bahan bubuk di dalam pemadam api dapat menyebabkan masalah pernapasan.

4. Jenis Isi Tabung Api Karbon Dioksida/CO2

Alat pemadam api jenis CO2 ini sangat ideal untuk digunakan di area dengan banyak peralatan listrik atau ruang server. Kelebihan dari alat pemadam api karbon dioksida ini adalah tidak meninggalkan residu, sehingga aman di gunakan di dalam ruangan.

5. Jenis Konten Alat Pemadam Api Gas Cleaner

Alat pemadam pembersih ini melawan api dengan menghentikan reaksi kimia dan menghilangkan panas dari segitiga api.

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Di Dapur

Berikut ini merupakan cara menggunakan alat pemadam di dapur dengan cara yang benar dan baik

1.Tarik atau lepas tuas pin untuk kunci tuas APAR

2.Arahkan selang ke pusat titik api

3.Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR

4.Sapukan secara merata pada bagian yang terbakar hingga api padam.

5. Simpan kembali alat untuk penangan darurat lagi pada nantinya ketika terjadi kebakaran.

Kesimpulan :

Untuk mengenai adanya pemadam api di dapur merupakan salah satu bentuk penanganan pertama untuk masalah di dapur anda bila mana nantinya jika terjadi kebakaran akan terasa mudah untuk menanganinya secara darurat sebelum pemadam kebaran atau mobil damkar datang ke rumah anda untuk penangan yang lebih serius.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.