Bagian Dapur Yang Harus Dibuat Serapi Mungkin

Perlu DiI Perhatikan Bagian Dapur Yang Harus Dibuat Serapi Mungkin

Bagian Dapur Yang Harus Dibuat Serapi Mungkin – Selain kamar mandi dan kamar tidur, dapur merupakan bagian dari rumah yang mencerminkan karakter penghuninya. Ruangan merupakan indikator pemilik orang yang bersih dan sebaliknya. Sebagai jantung rumah, dapur sering diabaikan karena kebersihannya. Karena jadwal kerja Anda yang padat, Anda sering mengesampingkan peralatan makan dan memasak tanpa peduli. Begitu pula dengan bahan makanan yang tanpa disadari telah rusak dan kadaluarsa.

Dapur bisa menjadi ruangan yang sering dikunjungi dan sebaliknya. Bersihkan lebih jarang. Oleh karena itu, terlihat sangat kontras dengan ruangan lainnya. Malah mengganggu pemandangan rumah. Ada baiknya untuk membersihkan ruangan ini secara rutin karena menjadi bagian dari ekspresi diri Anda. Berikut langkah-langkah sederhananya.

Perlu DiI Perhatikan Bagian Dapur Yang Harus Dibuat Serapi Mungkin

Bersihkan alat makan dan masak

Sangat sulit untuk mencuci piring dan peralatan masak setelah digunakan karena melelahkan dan kemalasan mendominasi. Pantas saja dapur dan wastafel berantakan. Dapur seperti ini bisa memperburuk suasana. Apalagi jika Anda menemukan satu atau dua alat makan di beberapa ruangan. Tentu saja semakin malas untuk memperbaikinya.

Perubahan itu baik. Caranya, selalu cuci peralatan makan dan masak setelah digunakan. Jangan lupa untuk menyimpannya kembali setelah kering. Ini membantu Anda menjaga dapur Anda tetap bersih setiap saat. Juga, bersihkan spons pencuci piring setelah digunakan, jangan direndam dalam sabun cuci piring. Hanya meningkat.

membersihkan mesin cuci piring

Bagian ini sering terlewatkan saat Anda selesai mencuci piring. Jika diperhatikan, tentu ada sisa makanan atau sampah kecil yang tertinggal di sana. Selain itu, lupa membersihkan mesin pencuci piring dapat menyebabkan bau yang tidak sedap karena adanya sampah dan selungkup. Terus mengabaikannya akan terlihat kotor. Padahal, kebersihan piring dan peralatan masak Anda yang sudah dicuci patut dipertanyakan.

Baca Juga : Service Kompor Bekasi

Untuk melakukan ini, bersihkan mesin pencuci piring setiap hari. Lakukan setelah makan malam, cuci piring. Jangan lupa untuk membuang sisa makanan yang disimpan di sana juga, agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika Anda juga menggunakan mesin pencuci piring, perhatikan juga pembersihannya.

Perbaiki bagian yang rusak

Penggunaan kompor dan area pencuci piring yang sering dapat mempengaruhi penampilan dapur Anda. Seringkali, ubin akan mengendur dan dinding akan terkelupas karena panasnya kompor. Plus, hal yang sama berlaku untuk mesin pencuci piring, karena sangat lembab. Hal-hal seperti ini memang membutuhkan biaya, dan jika tidak segera diperbaiki, bisa terlihat kotor. Misalnya, sisa minyak goreng bisa terkena pecahan keramik di area kompor.

Hindari menunggu lebih banyak kerusakan dan meremehkan. Semakin Anda melepaskan, dapur berhenti menjadi tempat yang bersih. Anda tidak perlu mengganti semuanya, cukup perbaiki yang rusak. Jika mesin cuci piring bocor, segera perbaiki. Jika botol sabun cuci piring dan spons rusak, bisa diganti.

Sediakan tempat sampah

Dapur merupakan salah satu tempat yang paling banyak menghasilkan sampah rumah tangga. Untuk itu, tidak ada salahnya menempatkan tempat sampah. Akan lebih baik jika di bedakan berdasarkan jenis sampahnya. Ini dapat membantu Anda membersihkan. Buang sampah basah setiap hari. Pengomposan adalah ide yang bagus. Lupa membuangnya selama sehari dapat menyebabkan bau tak sedap.

Membuang sampah merupakan kegiatan sederhana yang sering terlupakan karena bangun kesiangan dan harus ke kantor atau kampus. Pada malam hari, saya terlalu malas untuk keluar. Jangan lupa untuk memilih tempat sampah yang cukup besar dan memiliki penutup. Untuk menjaga semuanya tetap rapi, tidak ada hewan yang masuk.

Rutin bersihkan kulkas dan rak makan

Membeli dan menyimpan makanan hampir menjadi kebiasaan sehari-hari. Anda juga memiliki lemari es dan rak untuk menyimpan makanan. Biasanya kedua tempat tersebut terabaikan untuk dibersihkan. Meski debu dan sisa makanan yang berjatuhan juga perlu di bersihkan. Juga, lemari es, tempat hampir semua makanan di simpan, membuatnya bertahan lebih lama.

Baca Juga : Service Kompor Jakarta Selatan

Bersihkan secara teratur, hingga sebulan sekali, tetapi juga seminggu sekali. Untuk lemari es, Anda dapat mencuci rak dan mencabutnya selama proses pembersihan. Ini juga dapat membantu mengurangi embun beku di lemari es. Setiap hari, jika makanan atau air dari makanan jatuh di kedua tempat ini, segera bersihkan untuk mencegah bau dan jamur.

Taruh belanjaan di tempatnya

Belanja bahan makanan yang tidak di sengaja dapat mengganggu penglihatan. Jika Anda terlalu lelah, istirahatlah. Kemudian, kemas belanja Anda sambil mendengarkan musik dan buat itu menyenangkan. Urutkan berdasarkan jenis makanan. Jika sesuatu perlu di bersihkan terlebih dahulu, itu sepadan. Tujuannya agar makanan lain tidak terkontaminasi.

Dari sini Anda juga perlu belajar menempatkan bahan makanan. Mana yang akan di letakkan di kompartemen interior, bagian freezer atau rak pintu. Bahan baku yang terkontaminasi seperti daging, buah-buahan, dan sayuran harus di awetkan terlebih dahulu.

Bersihkan kompor setelah masak

Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan, tetapi membersihkan setelahnya terkadang membuat Anda malas. Percikan minyak dan air masak di sekitar kompor harus segera di bersihkan. Gunakan pembersih khusus kompor yang mudah di temukan akhir-akhir ini. Jika kompor Anda bukan kompor, membersihkan bagian bawah selalu merupakan ide yang bagus.

Biasanya ada genangan air, genangan minyak, dan potongan makanan yang jatuh. Semakin lama Anda menunda membersihkan bagian, sampah baru akan terkumpul di sana dan mungkin merusak keramik yang terpasang.

Selalu perhatikan stok makanan

Menyimpan makanan di lemari es dan di rak seringkali bisa membuat Anda lupa menyortir. Saat membersihkan, hanya makanan yang sudah busuk dan kadaluarsa. Adalah hal yang baik untuk menyimpan makanan yang cukup. Menimbun terlalu banyak juga membuat Anda lebih boros dan membuang-buang makanan. Jika Anda memiliki stok yang cukup, letakkan di depan stok lama Anda untuk segera di gunakan.

Periksa isi lemari es setiap hari, dan jika ada makanan yang tidak bisa di makan selama dua hari, sebaiknya di buang. Hindari menyimpan sebelum jamur karena dapat mencemari orang lain. Perhatikan juga area pembekuan di lemari es. Periksa umur simpan makanan beku. Jangan lupa untuk rutin membersihkan kulkas dan perabotan di dapur dan ruang makan.

Rapikan barang di tempatnya

Memasak atau membuat minuman pasti akan mengeluarkan bahan-bahan seperti bumbu, gula, teh atau kopi. Sesekali ada remah-remah kecil yang harus segera di bersihkan agar tidak menempel di keramik atau meja. Menempatkan barang-barang kembali untuk menjaga hal-hal rapi juga bukan kebiasaan yang mudah. Ini juga merupakan faktor dalam kekacauan dapur.

Tidak sulit untuk mengembalikan bahan dapur atau minuman yang baru saja di gunakan. Juga, hindari meletakkan barang-barang lain yang tidak ada di dapur. Misalnya kacamata, topi, dll. Hal sepele seperti ini juga bisa mengganggu tampilan dapur yang bersih.

Sekalipun Anda memiliki kepribadian yang rapi tetapi dapur yang berantakan, orang akan memberikan penilaian lain. Nggak seru kan, kalau di bilang nggak enak. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lantai dapur dan ruang makan Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.