cara menata dapur di kosan

Anak Rantau Wajib Tahu! Cara Menata Dapur Di Kosan Agar Lebih Rapi

Cara menata dapur di kosan – Menata dapur kost menjadi lebih bersih, biasakan menggunakan dapur sesuai fungsinya yaitu dapur luar 

untuk memasak. Berikut beberapa cara menata dapur kost agar lebih rapi. Ini akan membantu Anda menemukannya jika barang tersebut dibutuhkan. 

Sebelum ke pembahasan menata dapur di ruang kosan anda harus mengetaui beberapa definisi dari apa itu kosan dan jenis jenis kosan serta juga keuntungan tinggal di kosan anak rantauan wajib tahu ini simak selengkapnya di bawah

Definisi kosan

kost atau kosan adalah salah satu bentuk sewa kamar yang paling populer di Indonesia. Sebagian besar kost memiliki bangunan utama yang sengaja dibangun untuk menampung sebuah penginapan. 

Namun, ada juga pensiun yang kamar-kamarnya terletak di bawah rumah  keluarga, sehingga Anda akan tinggal bersama keluarga pemilik rumah tersebut. 

Menyewa kosan seperti menyewa kamar motel. Ya, Anda hanya akan memiliki satu kamar tidur. 

Baca Juga : Jasa Service Kompor Tanam

Jangan khawatir, sebagian besar kosan ini memiliki kamar mandi pribadi, jadi jangan khawatir jika Anda tidak ingin mandi di kamar mandi bersama. 

Semuanya, kecuali kamar mandi dan tempat tidur, ada dalam jatah bersama. Seperti ruang bersama, dapur, laundry dan  parkir. 

Oleh karena itu,  tinggal di asrama, Anda dapat berintegrasi dengan masyarakat lebih cepat berkat ruang bersama dan dapur. Namun, ada juga kost kelas atas yang menawarkan TV di setiap kamar. 

Jenis-Jenis Kamar Kost 

cara menata dapur kosan

Karena mayoritas orang Indonesia adalah Muslim konservatif, mereka membenci konsep perbedaan gender di rumah atau ruangan yang sama, meskipun tidak dilarang keras. 

Dengan demikian, setiap kosan akan dipisahkan berdasarkan gender sebagai pesantren laki-laki, perempuan, atau campuran. 

Perbedaan lain didasarkan pada kisaran harga kosannya. Premium eksklusif bagi mereka yang menginginkan manfaat lebih dengan harga lebih tinggi. 

Baca Juga : Cara Menyalakan Kompor Listrik Yang Aman Untuk Pemula

Fasilitas yang disediakan biasanya AC, TV kabel, kamar mandi dalam ruangan dan terkadang  dapur di dalam rumah. Tentu saja harganya akan lebih mahal dari motel biasa yang dibanderol sekitar Rp 1.500.000. 

Jika Anda menginginkan lebih banyak fasilitas dan kenyamanan  dengan harga lebih tinggi,  pertimbangkan untuk menyewa rumah liburan mewah! 

Pada umumnya kost untuk untuk anak perempuan lebih murah daripada kost untuk laki-laki dengan fasilitas yang lebih baik atau serupa. 

Mungkin ada bias gender dalam masyarakat  di mana perempuan lebih  bersih daripada laki-laki. 

Namun, kisaran harga untuk setiap kosan kira-kira sama terlepas dari jenis kelaminnya, hanya berbeda jika Anda memilih antara asrama reguler atau asrama premium/reservasi. Jadi, sebelum memilih mana yang terbaik, kamu harus cek dulu jenis kelamin  dan harganya! 

Keuntungan kost bagi perantauan

Keuntungan  kost adalah harga sewa sudah termasuk semuanya. Internet, TV kabel, listrik, dan air sudah termasuk dalam satu harga.

 Namun, beberapa pensiun tidak termasuk listrik dalam tagihan mereka, jadi Anda harus menyadari hal ini. 

Juga, selain itu dilengkapi dengan beberapa perabotan, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang itu! Anda tidak perlu pergi berbelanja furnitur, karena begitu Anda masuk ke dalam kamar, semua perabotan sudah berada di tempatnya. 

Tinggal di kosan juga jauh lebih murah daripada tinggal di apartemen, tetapi kurangnya dapur dan beberapa fasilitas dapat menjadi kelemahan jika Anda menginginkan privasi lebih. 

Baca Juga : 12 Desain Dapur Dan Ruang Makan Dengan Konsep Unik

kosan bukan hanya tempat tinggal, tetapi bagi sebagian orang itu adalah cara hidup. 

Di ruang bersama, Anda dapat bertemu banyak orang melalui ruang bersama, seperti bertemu teman baru di tempat umum atau bertemu teman baru sambil memasak  sarapan. 

menyatu dengan orang lain serta dengan keluarga pemilik kosan akan membuat Anda merasa seperti anggota keluarga mereka sendiri. 

Banyak cerita manis datang dari seseorang yang tinggal di rumah kos bersama keluarga angkatnya, yang memperlakukan mereka seperti anak sendiri, makan malam bersama, dan banyak lagi. 

1. Tata Letak

Jaga tata letak dapur kost Anda dengan membiasakan  menyimpan  apa yang telah Anda gunakan di tempat yang bersih. Ini akan membantu Anda menemukannya jika barang tersebut dibutuhkan.

2.Tidak Meletakan Banyak Barang 

Biasakan untuk tidak meletakkan terlalu banyak barang di dapur tamu, terutama jika barang-barang tersebut tidak penting dan tidak terlalu berfungsi di dapur tamu. 

3. Menyediakan Lemari Dapur

 Agar dapur kost Anda lebih tertata, sediakan lemari dapur yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang dapur dan peralatan dapur yang pada dasarnya tidak bisa ditaruh di rak. 

4. Memisahkan Ruangan Dapur

Cobalah untuk memisahkan ruang antara peralatan masak dan bumbu masak. 

Simpan peralatan dapur yang biasa digunakan lebih dekat dengan tempat Anda menggunakannya, begitu juga dengan bumbu masak. 

Simpan bumbu masak di tempat terpisah dan dekat peralatan masak. Biasakan menutup tempat bumbu, agar bumbunya tahan lama. 

5. Tidak Meletakan Peralatan Masak

Saat mendesain dapur kost Anda agar lebih elegan, biasakan untuk tidak meletakkan peralatan masak di atas meja dapur Anda. 

Karena menempatkan barang-barang dapur atau barang-barang lainnya di atas meja dapur dapat membuat tata letak hostel menjadi lebih sempit dan berantakan. 

6. Perhatikan Penempatan Furnitur

Untuk ruang dapur minimalis, coba maksimalkan setiap sudut dapur Anda dengan memperhatikan penempatan furnitur, rak atau lemari es yang Anda miliki. 

Biasakan menempatkan barang-barang ini menggunakan sudut-sudut dapur kecil Anda. 

7. Singkirkan Barang Bekas

Selama penataan kosan Anda berikutnya, 

cobalah untuk menyingkirkan barang-barang bekas yang tidak lagi di gunakan di dapur Anda, seperti magnet dekoratif yang tidak lagi berfungsi pada dekorasi lemari es, paket 

Anda, atau mungkin mengemas makanan bekas tanpa sisa isinya. 

8.  Tidak Menempatkan Barang Yang Tidak Sesuai

Usahakan untuk tidak menempatkan barang-barang yang tidak sesuai dengan dapur Anda dalam tata ruang dapur kost Anda,

misalnya meninggalkan piring di lemari es atau botol di lemari es sebagai bentuk penyimpanan yang salah dan tidak pantas, hingga mengganggu pemandangan di dalam ruangan. dapur pensiun Anda. 

 9. Di biasakan Cuci Peralatan Dapur

 Biasakan segera mencuci peralatan dapur bekas agar mudah di gunakan nantinya, karena kondisi peralatan dapur sudah bersih kembali. 

Selain itu, membiasakan diri mencuci peralatan masak secara langsung juga dapat membantu menjaga dapur tetap bersih dan bebas bau. 

10.Memberikan Ventilasi Kost Yang Cukup

Banner Promosi Terbaru

 Agar dapur para penyewa dapat tertata dengan nyaman, usahakan untuk mendesain dapur dengan ventilasi yang cukup, agar udara di dalam dapur tidak tercekik.

Jadi pilihan ada di tangan Anda. Apakah Anda ingin tempat tinggal bersama? Jadi bergabung mungkin merupakan pilihan, tetapi jika privasi adalah prioritas Anda, Anda mungkin ingin melihat opsi lain yang tersedia. 

Baca Juga : Desain Dapur Kantor Minimalis Yang Sempit Namun Fungsional

Saya harap informasi ini dapat memberi Anda lebih banyak wawasan tentang apa itu kosan dan beberapa cara supaya buat dapur kost anda lebih rapi dan tertata terlihat seperti rumah anda sendiri

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.