cara menghidupkan kompor listrik

Cara Menyalakan Kompor Listrik Yang Aman Dan Untuk Pemula

Cara menyalakan kompor listrik – Saat ini penggunaan kompor listrik sebagai kebutuhan rumah tangga sangat diminati. Alasannya, penggunaan kompor listrik lebih praktis dan tidak perlu membeli elpiji.

Menggunakan kompor listrik ini sudah cukup untuk menggunakan listrik di rumah Anda. Meski begitu, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan kompor listrik.

Hal ini dikarenakan kompor listrik merupakan perangkat elektronik yang dapat menyebabkan korsleting jika digunakan secara tidak benar.

Apa itu kompor listrik?

KOMPOR LISTRIK

Kompor induksi adalah jenis kompor canggih yang memungkinkan kita  memasak tanpa api terbuka. Cukup pijat tombol, taruh alat di dapur, kita  bisa memasak dengan mudah dan nyaman. Bentuknya juga sangat unik dan cantik, berbeda  dengan bentuk kompor gas pada umumnya.

Baca Juga : Jasa Service Kompor Tanam

Jadi bagaimana cara kerja kompor induksi? Tidak seperti kompor konvensional yang mengandalkan panas api untuk memasak makanan, kompor induksi ini menggunakan reaksi elektromagnetik antara kompor dan peralatan masak.

Mungkin anda penasaran, bagaimana cara menyalakan kompor listrik yang aman dan benar untuk pemula? Nah, berikut ini kami akan merangkum cara menyalakan kompor listrik dengan aman. Dengar, ya, jelaskan.

1. Pastikan listrik di rumah cukup, bisa menggunakan kompor listrik

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kompor listrik, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apakah listrik rumah Anda memungkinkan Anda untuk menggunakan kompor listrik.

Sebab, secara umum tegangan tanur listrik berkisar 700 watt hingga 2000 watt. Jika rumah Anda tidak memiliki daya listrik yang cukup, maka sebaiknya pertimbangkan kembali untuk menggunakan kompor listrik.

2. Ikuti petunjuk menyalakan kompor listrik

Setiap kompor listrik memiliki desain dan jenis yang berbeda. Beberapa dapat dinyalakan dengan menggunakan tombol ON, tetapi yang lain memiliki tombol putar untuk menyalakan api. Oleh karena itu, penting untuk membaca buku panduan pemilik terlebih dahulu untuk mempelajari cara menyalakan kompor listrik.

3. Sesuaikan suhu tungku

Cara mengatur kompor tergantung pada jenis makanan yang dimasak. Beberapa kompor memiliki pilihan menggoreng, merebus, dan memanaskan. Dengan memilih dari kategori yang ada, Anda tidak perlu lagi menebak suhu yang tepat untuk memasak suatu masakan.

Selain itu, beberapa kompor listrik dilengkapi dengan fungsi pengatur waktu.

Anda juga dapat menggunakan timer sebagai pengingat untuk tidak membiarkan kompor menyala terlalu lama. Sebab, jika tungku di biarkan terlalu lama, bisa terjadi korsleting. Menggunakan pengatur waktu dapat membantu tungku mati secara otomatis ketika waktunya habis.

4. Cabut kabel listrik setelah digunakan

Setelah memasak dengan kompor listrik, jangan lupa mencabutnya dari stopkontak. Karena panas yang di hasilkan kompor listrik bisa bertahan lebih lama di bandingkan kompor gas biasa. Jadi jika makanan tertinggal di atas kompor, segera pindahkan ke wadah yang benar agar tidak terlalu matang.

5. Jangan lupa untuk membersihkan kompor listrik Anda secara teratur

Langkah terakhir yang ingin Anda lakukan adalah membersihkan noda atau noda yang muncul di hotplate setelah di masak. Membersihkan kompor tidak sulit, Anda bisa menggunakan kain microfiber kering atau basah

Keuntungan menggunakan kompor listrik : 

 1. Lebih aman terhadap resiko kebocoran gas 

Kompor listrik membuatkan fitur keamanan supaya para pengguna kompor ini lebih aman dan nyaman yang mana kompor ini memberikan fitur security gas lock jadi jika terjadi masalah kebocoran atau ada masalah pada saluran gas nantinya kompor akan berhenti sejenak di karenakan ada masalah kebocoran pada gas tersebut jadi jangan takut lagi anda menggunakan kompor ini ya.

 2. Lebih mudah mengatur suhu saat di butuhkan 

dengan kompor canggih yang di miliki anda saat ini anda dapat lebih mudah untuk mengatur suhu sesuai dengan tingkat atau level yang anda inginkan sebagaimana pengaturan suhu di kompor listrik ini memungkinkan anda dapat sangat mudah bahkan lebih simpel dengan pengaturan suhu yang lebih efektif untuk tingkat kematangan masakan anda.

3. Tidak peka terhadap kekurangan Gas LPG 

maksud dari tidak peka disini adalah bisa di bandingkan dengan kompor gas yang ketika gas mulai berkurang dan habis apinya mulai kecil nah perbedaannya maksudnya bukan membeda bedakan

ini hanya sebatas perbandingan saja jika kompor tanam yang memakai gas ini biasanya dia akan menyimpan gas cadangan yang mana ketika gas ini habis api tidak langsung mengecil atau padam tapi uniknya kompor ini bisa menghasilkan sisa gas supaya masakan benar-benar matang ketika gas habis.

 4. Lebih mudah di bersihkan 

Sudah jelas dong pastinya kompor tanam gas dan listrik ini sangat mudah untuk di bersihkan yang mana karena bahan pelapis dari body kompor ini terbuat dari bahan kaca atau biasa di sebut dengan tempered glass yang kuat dan kokoh serta tahan panas tahan dari hal apapun itu maka dari itu dengan bahan pelapis pada body kompor ini sangat mudah untuk di bersihkan cukup dengan satu sentuhan lap saja.

 Kekurangan kompor listrik : 

  • Menggunakan listrik yang cukup banyak sehingga harus menyesuaikan dengan daya yang di butuhkan di rumah 
  • Jika terjadi pemadaman listrik tidak dapat di gunakan 
  • Penggunaan peralatan dapur lebih terbatas karena menyesuaikan dengan bentuk kompor listrik 

Nah Bagaimana Artikelnya sangat menarik bukan terlebih dari kompor yang memiliki kecanggihan dan sangat modern kini memberikan kemudahan bagi anda para pengguna kompor canggih ini.

Baca Juga : 12 Desain Dapur Dan Ruang Makan Dengan Konsep Unik

bila kompor anda mengalami masalah kerusakan pada kompor tanam listrik maupun gas nanti anda bisa hubungi kami sekarang ahlinya service kompor tanam berbagai merek semua bisa kami siap datang dan langsung eksekusi dan juga menyediakan panggilan selama 24/7 yang akan memberikan kemudahan kepada anda yuk service kompor mu sekarang bersama servicekomporoven.com

Banner Promosi Terbaru

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.