fungsi kompor listrik

Ini Bahaya Kompor Gas Yang Menghasilkan Nitrogen Oksida

Bahaya Kompor Gas Yang Menghasilkan Nitrogen Oksida – Menggunakan kompor gas dan oven justru dapat merusak lingkungan, termasuk saat kompor dimatikan.

Saat kompor gas dinyalakan, kadar nitrogen oksida, polutan udara yang dapat berbahaya bagi kesehatan, dapat melebihi batas paparan luar ruangan yang aman dalam beberapa menit.

Namun, Anda dapat membantu mengurangi paparan nitrogen oksida, terutama di rumah kecil, dengan ventilasi dapur yang baik. Ini seperti membuka jendela atau menyalakan kipas angin, tapi itu bukan solusi yang sempurna.

Dalam sebuah penelitian, dijelaskan bahwa kompor gas melepaskan metana dan polutan udara lainnya di rumah.

Para peneliti mengukur emisi metana dari 53 rumah di California dan menemukan bahwa gas rumah kaca bocor dari kompor gas, oven, dan pemanggang barbekyu, bahkan ketika dimatikan.

Selama lebih dari dua dekade, metana telah 86 kali lebih kuat dalam pemanasan daripada karbon dioksida.

Ketika kompor gas digunakan, metana diubah menjadi karbon dioksida, yang tetap berada di atmosfer selama ratusan hingga ribuan tahun. Tetapi hanya membutuhkan waktu sekitar satu dekade untuk metana untuk terurai. Itu berarti mengurangi emisi metana dapat membantu mengekang pemanasan global dalam waktu dekat.

Penulis utama studi dan ilmuwan senior di PSE Healthy Energy, Dr. Eric Lebel, awalnya berfokus pada emisi metana dari penyimpanan dan pemanas air tanpa tangki, sebelum beralih ke peralatan dapur.

paparan nitrogen oksida dari kompor gas

paparan nitrogen oksida dari kompor gas

Para peneliti juga mengukur nitrogen oksida sekelompok gas yang dapat menjadi racun, terutama pada penderita asma, penyakit paru obstruktif kronik, atau penyakit jantung.

“Kompor langsung ada di rumah warga. Tidak perlu ventilasi seperti peralatan lainnya,” kata Lebel.

Paparan jangka panjang terhadap nitrogen oksida juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru permanen atau infeksi pernapasan lainnya pada anak-anak.

Para peneliti menemukan bahwa, tidak seperti emisi metana, tingkat nitrogen oksida sebanding dengan penggunaan kompor.

Ukuran, kekuatan dan jumlah pembakar gas semuanya mengarah pada konsentrasi keluaran NOx yang lebih tinggi, kata

Penelitian telah menunjukkan bahwa rumah yang berventilasi buruk dapat melebihi batas aman dalam beberapa menit setelah menggunakan kompor, terutama di dapur yang lebih kecil

Cara Aman Menggunakan Kompor Gas Agar Tidak Terpapar Nitrogen Oksida

direkomendasikan untuk membatasi konsentrasi NOx dengan membuka lemari asam atau knalpot tungku (jika tersedia).

Jika tidak, membuka jendela atau menyalakan kipas angin juga akan membantu.
Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa efektivitas tudung dapur bervariasi. Misalnya, kipas tidak seefektif lemari asam

“Ventilasi tidak cukup menyelesaikan masalah,

“Kita perlu memiliki standar ventilasi yang lebih baik untuk mengakomodasi tingkat emisi dari tungku ini,.

Ventilasi yang efektif mengurangi risiko paparan nitrogen oksida, tetapi tidak benar-benar mengurangi emisi metana.

tingkat metana yang dilaporkan dalam penelitian ini tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan, tetapi berdampak pada lingkungan.

Selain dari itu kami juga akan bahas bagi anda yang belum tahu apa itu nitrogen oksida dan beserta bahaya jika terpapar NOX tersebut

akan kami sampaikan beberapa hal penting yang harus anda ketahui yang mana ini menyangkut atas keselamatan anda diantaranya kami akan bahas apa itu nitrogen oksida? ,anda harus waspadai paparan NOX serta juga apa saja uang akan terjadi bila anda terpapar gas tersebut,serta sampai dengan cara mencegah paparan nitrogen oksida tersebut

Yuk Simak di bawah ini ya!

Baca Juga : Service Kompor Gas Bekasi Timur

Apa Itu Nitrogen Oksida?

Apa Itu Nitrogen Oksida?

Nyatanya, gas nitrogen oksida jua sanggup kita temukan pada udara pada lingkungan kurang lebih kita, lho. Itulah mengapa krusial buat mengetahui mengenai gas tadi lebih jauh.

Nitrogen oksida (NOx) merupakan senyawa kimia oksigen dan nitrogen yg terbentuk dari pembakaran dalam suhu tinggi, terutama pembakaran bahan bakar, misalnya minyak bumi, solar, gas,dan bahan organik. NOx jua adalah gas yg bertanggung jawab atas kabut asap dan awan coklat yg mencakup kota-kota besar dan membuat kualitas udara yg buruk.

Emisi NOx berkontribusi terhadap hujan asam dan pembentukan ozon pada bagian atas tanah yg bisa menghambat ekosistem, hewan,dan kehidupan tanaman.Tidak hanya mencemari udara dan menghambat lingkungan, nitrogen oksida juabisamengakibatkanefek kesehatan ygberfokusdalam manusia, termasuk penyakit pernapasan jika terhirup pada kadar tertentu.

Waspadai Paparan Nitrogen Oksida

Nitrogen oksida sangat banyak  ditemukan pada udara, contohnya menurut knalpot tunggangan, emisi menurut pembangkit listrik kuat batu bara & alat-alat yg memakai bahan bakar fosil, & asap rokok. Rokok asap kendaraan roda 2 dan 4 bahkan lebih yg paling generik membuat nitrogen oksida.

Ada 2 cara senyawa tadibisa masuk ke pada tubuh manusia, yaitu melalui pernapasan dan hubungan kulit. Kamu sanggup terpapar nitrogen oksida jika menghirup emisi gas nitrogen oksida, misalnya pembangkit listrik energi batu bara, tunggangan, dan alat-alat berbahan bakar fosil, merokok, atau menghirup asap rokok menurut orang lain.

Selain itu, engkau juasanggupmenerimagambaran gas nitrogen oksida berkonsentrasi tinggi atau nitrogen dioksida cair melalui sentuhan kulit.

Apa yg Akan Terjadi Jika Terpapar Nitrogen Oksida?

Berikut ini efek kesehatan yg sanggup terjadi jika menghirup nitrogen oksida pada jangka pendek:

  • Iritasi dalam sistem pernapasan, mata, & kulit.
  • Gangguan pernapasan, terutama asma.
  • Batuk & tersedak.
  • Mual.
  • Sakit kepala.
  • Sakit perut.
  • Sulit bernapas.

Jika gas nitrogen oksida atau nitrogen dioksida cair yang terkena jika kulit atau mata, hal itu bisa mengakibatkan iritasi & terbakar.

Sedangkan gambaran jangka panjang terhadap nitrogen dioksida tingkat rendah, bisa mengakibatkan asma & infeksi pernapasan. Namun, hati-hati, gambaran nitrogen oksida pada kadar yg tinggi dan pada jangka saat yg usang  sanggup menyebabkan efek kesehatan berfokus berikut:

  • Kematian.
  • Mutasi genetik.
  • Membahayakan janin yg sedang berkembang.
  • Menurunkan kesuburan wanita.
  • Kejang.
  • Pembengkakan tenggorokan
  • Denyut nadi meningkat.

Cara Mencegah Paparan Nitrogen Oksida

Mengingat gas nitrogen oksida bisa mengakibatkan banyak sekali gangguan kesehatan, anda dianjurkan buat menghindari gambaran gas tadi. Beberapa cara yg sanggup anda lakukan buat mengurangi atau mencegah gambaran nitrogen oksida merupakan:

Gunakan jendela yg baik, terutama jika anda mempunyai kompor gas pada ruangan atau pemanas ruangan.

Periksa alat-alat gas secara rutin sang energi profesional & segera perbaiki kebocoran apapun.

Mengenakan masker ketika mengendarai kendaraan atau mengunjungi pabrik.

Usahakan buat berhenti merokok & hindari asap rokok orang lain.

Hindari berdiri pada dekat mobil, truk, atau bus pada saat yg usang  .Selalu mencuci tangan hinggahigienis setiap kali habis bersentuhan menggunakan bahan kimia.

Nah itu dia sudah lah kami bahas bagaimana bahaya serta efek-efek yang terjadi dan juga hal hal yang lainnya

semoga bermanfaat untuk anda dan para pengguna kompor gas khususnya dan juga mudah mudahan menjadikan sebuah pengetahuan serta solusi bagi anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.