Apa Benar Kompor Induksi Lebih Hemat ! Mari Buktikan!

Apa Benar Kompor Induksi Lebih Hemat ! Mari Buktikan!

Pemerintah terus mendorong penggunaan energi ramah lingkungan. Salah satunya adalah gaya hidup menggunakan perangkat serba listrik bebas emisi (electrified lifestyle) yang salah satunya menggunakan kompor induksi yang lebih hemat.

PT PLN (Persero) juga mendukung penggunaan energi ramah lingkungan.

PLN, menilai salah satu wujud nyata gaya hidup berlistrik adalah penggunaan kompor induksi.

“Di bandingkan kompor tradisional, kompor induksi memiliki banyak keunggulan,

Kami merekomendasikan kompor induksi di dapur rumah karena di anggap lebih aman, lebih mudah dan lebih efisien.

Mari Beralih Ke Kompor Induksi

Mari Beralih Ke Kompor Induksi

Apa Itu Kompor Induksi?

Kompor induksi adalah kompor yang memungkinkan orang untuk memasak tanpa menggunakan api yang menyala, tetapi listrik adalah sumber panasnya. Selain di katakan lebih hemat dan aman, kompor induksi juga lebih mudah di bersihkan.

Kompor ini menggunakan listrik untuk panas, tetapi tidak menyalakan api seperti kompor gas.

Saat kompor induksi bekerja, peralatan masak diletakkan di atas kompor, dan kemudian arus bolak-balik dilewatkan dari bagian dalam badan tungku melalui koil

Panas yang dihasilkan juga langsung di arahkan ke kompor, sehingga tidak terasa panas dan nyaman saat menyentuh bagian tubuh

Relatif aman.

Keunggulan lainnya, kompor listrik ini mudah dibersihkan.

Selain itu, ini juga lebih efisien dalam hal waktu memasak, karena kompor induksi mendistribusikan panas lebih merata daripada kompor gas.

Selain dari keunggulan di atas ada juga kelebihan dan kekurangannya simak di bawah ini:

Keunggulan lainnya :

  • Suhu Panas Berasal Dari Listrik 

Keuntungan kompor induksi lebih hemat adalah panasnya berasal dari listrik, dan jika Anda membeli kompor induksi, Anda mendapatkan kompor kaca datar dengan pemanas. 

  • Suhu Panas Lebih Terkontrol

Tidak seperti kompor biasa, panas pada kompor induksi tidak berasal dari api, melainkan energi elektromagnetik yang menghantarkan panas ke panci.

Anda dapat menggunakan kompor induksi untuk pilihan yang lebih aman dan tampilan yang lebih modern.

lebih hemat energi

Pada rentang gas dan listrik, energi terbuang di sekitar panci atau wajan selama proses memasak. 

Pada saat yang sama, prinsip kerja kompor induksi adalah langsung menggunakan energi elektromagnetik untuk memanaskan kompor, hanya kompor yang dipanaskan dan kompor tetap dingin. Tentu saja ini lebih hemat biaya dan memakan waktu.

  • Permukaan kompor tetap dingin

Karena hanya menginduksi peralatan masak, elemen kompor tetap dingin dan Anda terhindar dari risiko terkena panas, api, dan luka bakar. Permukaan datar dan dingin ini juga memudahkan perawatan dan pembersihan.

Kompor ini juga aman di gunakan, terutama jika Anda memiliki anak kecil di rumah. Ini masih bisa di atur, karena panci dan peralatan masak pasti masih panas selama proses memasak.

Suhu pemanasan lebih terkontrol Kompor induksi lebih hemat dapat dengan mudah mengontrol suhu, membuat memasak lebih mudah. Saat kompor di matikan, perpindahan panas berhenti secara otomatis agar makanan tidak terlalu matang. 

Hal ini berbeda dengan kompor listrik yang membutuhkan waktu lama untuk mencapai panas yang di butuhkan.

Kekurangan Dari Kompor Induksi:

Harganya mahal

kompor listrik Induksi Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum mengganti kompor dengan kompor induksi, salah satunya adalah biaya. Kompor induksi pasti lebih mahal dari kompor gas dan listrik.

Membutuhkan Peralatan Masak Khusus

Meskipun beberapa peralatan masak, terutama baja tahan karat, dapat digunakan pada kompor induksi, Anda mungkin perlu memeriksa ulang peralatan masak Anda dan mungkin menggantinya. 

Peralatan masak yang cocok untuk kompor induksi terbuat dari partikel besi magnetik dengan konduktivitas termal yang baik dan tentu saja bereaksi dengan pemanasan induksi. 

Anda juga dapat menemukan peralatan masak berlabel “Induction Safe” di pasaran. Jika Anda tidak yakin peralatan masak apa yang Anda miliki, Anda dapat melakukan tes magnet dengan menempelkan magnet di bagian bawah panci. Jika magnetnya menempel, Anda bisa menggunakan panci di kompor induksi.

Kompor Induksi Mudah Tergores

Kekurangan yang terakhir dari kompor Induksi Adalah kompor ini mudah tergores karena memiliki permukaan tempered glass atau permukaan kaca yang tahan panas 

Jadi anda perlu berhati hati dengan penggunaan alat masak pada saat memasak menggunakan kompor induksi 

supaya tidak tergores anda perlu sehati hati mungkin melindungi kompor induksi supaya tempered glassnya tidak tergores benda atau peralatan masak anda.

Hal ini memungkinkan aktivitas memasak lebih cepat, sehingga menghemat waktu.

“Waktu memasak yang lebih cepat akan membuat kompor listrik lebih hemat energi dibandingkan gas,

Dalam hal penggunaan energi, kompor induksi lebih murah daripada kompor gas.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa memasak 1 liter air dengan kompor induksi 1.200 watt hanya membutuhkan biaya Rp 158, sedangkan kompor gas dengan tabung LPG 12 kg berharga Rp 176.

Hasilnya, rata-rata orang Indonesia menggunakan 11,4kg mode memasak gas Elpiji per bulan, menghemat 28.500 rupiah untuk biaya memasak per bulan.

Di sisi lain, penggunaan kompor induksi juga mengurangi kemungkinan terjadinya pencemaran rumah tangga, sehingga lebih ramah lingkungan dan sejalan dengan tujuan gaya hidup berlistrik.

Tidak hanya itu, penggunaan kompor induksi juga lebih praktis.

Penggunaan kompor induksi juga berdampak positif bagi negara karena meringankan beban impor gas bumi. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan rata-rata subsidi impor gas selama 6 tahun terakhir sekitar Rp 43 triliun per tahun.

“Jadi, kami mengajak masyarakat untuk beralih ke kompor induksi daripada mengandalkan kompor LPG yang sebagian besar pasokan energinya saat ini diimpor.

Baca Juga : Service Kompor Tecnogas Tangerang

Program ini di lakukan dengan menggandeng BUMN Karya serta perusahaan properti lainnya.

“Produk-produk layanan PLN untuk paket kompor induksi ini merupakan bagian dari rencana program konversi energi berbasis impor menjadi domestik

Demikian itulah Kehematan dari kompor induksi yang mana para masyarakat menganjurkan menggunakan kompor ini karena dengan kehematan ini 

semoga bermanfaat dari artikel ini dan memberikan tips trik serta solusi yang bermanfaat bagi anda dan semua pengguna internet di indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.