Hobi Anda Memasak Tapi Pengen Irit Gas? Ini Dia Solusinya!

Ada 6 Hal Bahwa Kompor Listrik Lebih Baik Dari Kompor Gas

Ada 6 Hal Bahwa Kompor Listrik Lebih Baik Dari Kompor Gas – Selama tiga hingga empat tahun terakhir, pemerintah telah melakukan berbagai sosialisasi dan upaya bersama Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mengajak masyarakat mulai beralih dari kompor gas ke listrik. Selain konservasi energi dan perlindungan lingkungan, langkah ini juga diyakini dapat mengurangi subsidi gas bumi LPG yang mencapai Rp 64 triliun pada 2018.

Terlepas dari upaya pemerintah, kompor listrik terbukti lebih aman, nyaman, dan bersih di rumah daripada kompor gas. Meskipun mungkin tampak lebih mahal untuk membeli dan memasang pada awalnya, menggunakan kompor listrik akan jauh lebih murah daripada kompor gas.

Plus, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat saat beralih dari kompor gas ke listrik untuk aktivitas sehari-hari di rumah. Untuk lebih memahami keunggulan tersebut, simak enam hal berikut tentang kompor listrik yang lebih baik dari kompor gas.

Mengurangi risiko kebocoran gas

Mengurangi risiko kebocoran gas


Meski bukan tanpa risiko seperti korsleting atau sengatan listrik, penggunaan kompor listrik dapat mengurangi kecelakaan akibat kebocoran gas. Ketersediaan berbagai regulator yang sudah memiliki safety clip tidak menjamin tidak akan terjadi kebocoran gas. Apalagi jika pengatur tekanan tidak dipasang secara ketat, dan koneksi dengan kompor tidak sepenuhnya disebabkan oleh faktor kesalahan manusia seperti kebocoran dan ledakan.

Kebocoran gas bisa berakibat fatal bagi penghuni rumah. Mulai dari keracunan hingga yang terparah, ledakan dan kebakaran yang bisa mengancam nyawa seluruh penghuni rumah maupun tetangga Anda.

lebih ramah lingkungan

Menggunakan gas dan api pada kompor tradisional mengeluarkan polusi dalam bentuk karbon dioksida, merusak lingkungan dalam jangka panjang. Pada saat yang sama, kompor listrik yang menggunakan konduktor listrik memasak tanpa kontaminasi sama sekali.

Rata-rata konsumsi LPG rumah tangga adalah 144 kilogram per tahun, melepaskan 429,7 kilogram emisi karbon dioksida. Karena rumah tangga Indonesia masih menggunakan kompor gas, tingkat polusi yang dikeluarkan sangat tinggi yang berdampak negatif terhadap lingkungan.
Seperti disebutkan, masyarakat enggan beralih ke kompor listrik karena awalnya terkesan mahal. Faktanya, kompor listrik lebih hemat biaya daripada kompor gas dalam jangka panjang. Memasak dengan kompor listrik bisa menghemat hingga 18%, kata PLN.

Gambarnya, memasak 10 liter air menggunakan kompor gas membutuhkan biaya Rp 6.171. Sedangkan untuk penggunaan air dalam jumlah yang sama dan menggunakan kompor induksi 1.200 watt, Anda hanya akan mengeluarkan biaya Rp1.283 saja

panas api merata

Menggunakan sistem induksi yang digunakannya, kompor listrik menyebarkan panas lebih merata dibandingkan kompor gas yang menggunakan sumbu. Apalagi sumbu kompor gas sudah mati, dan api belum sepenuhnya menyala, membuat panas menyebar tidak merata. Untuk Kompor listrik tidak memiliki masalah seperti itu, membuat proses memasak Anda lebih menyenangkan.

Untuk Kompor tanam listrik lebih hemat energi

Dari Kompor ini sebenarnya memungkinkan Anda untuk menghemat energi yang Anda butuhkan untuk memasak karena distribusi panas yang lebih merata dan konstan. Bahkan induksi memungkinkan makanan untuk memasak lebih cepat daripada sumbu yang tidak menyala secara optimal. Situasi ini mempercepat proses memasak dan benar-benar mengurangi penggunaan listrik, yang pada gilirannya berkontribusi pada penghematan biaya tersebut.

Kompor listrik yang mudah dibersihkan

Desainnya yang lebih rata dan halus serta integrasi dengan meja dapur membuat kompor listrik lebih mudah dibersihkan daripada kompor gas. Pada kompor gas, Anda harus melepas beberapa bagian, seperti braket kompor, untuk membersihkan kompor secara menyeluruh. Sedangkan dengan kompor listrik bisa dilap bersih beserta meja dapur dan kompor sudah siap

Baca Juga : Service kompor modena tangerang


Sudah paham manfaat kompor listrik? Mari mulai beralih ke kompor listrik untuk diri sendiri dan lingkungan. Rencana untuk membantu transisi pemerintah dari kompor gas ke listrik berhasil.

Apa Itu Kompor Listrik?


Selain kompor gas, kehadiran kompor listrik menjadi pilihan bagi sebagian orang, terutama di perkotaan. Kompor listrik adalah kompor yang memungkinkan orang memasak tanpa menggunakan api, tetapi listrik adalah sumber panasnya. Selain dikatakan lebih hemat dan aman, kompor listrik juga lebih mudah dibersihkan

Kelebihan kompor listrik

Kelebihan kompor listrik


untuk kelebihan kompor listrik ini sendiri setidaknya ada 9 kelebihan atau keunggulan kompor listrik yang mana ini dapat berguna bagi anda par pengguna kompor listrik. Berikut perinciannya:

Memasak lebih cepat

dengan koompor ini anda saat melakukan aktivitas memasak di dpur menjadi lebih cepat dan juga efisien dalam kematangan hidangan anda ,dengan kompor ini anda memasak apapun menjadi lebih mudah dan tentunya lebih cepat.

Mengurangi konsumsi energi

energi yang di keluarkan oleh kompor listrik ini sangatlah hemat dan juga sangat lebih unggul dalam hal konsumsi energi secara hemat ,dengan mengurangi energi anda mungkin bisa lebih memasak di dapur anda dengan menyajikan banyak hidangan tanpa harus boros energi

sangat Mudah di bersihkan

dalam hal kebersihan memang paling unggul terutama dalam hal seperti sangat mudh di bersihkan untuk kompor jenis ini karena dalam body kompor ini ada pelapis berbahan kaca atau temnpered glass yang mana tempered glass pada kompor ini di buatkan khusus untuk memudahkan supaya para pengguna dapat lebih mudah saat membersihkan kompor tersebut.

Lebih memudahkan

sangat mudah dan bahkan lebih mudah anda saat menggunakan kompor ini di karenakan ada sebuah fitur-fitur yang dapat menjadikan penggunaan kompor ini lebih memudahkan para pengguna.

Tidak merusak peralatan

dengan memakai peralatan masak dengan kompor ini tidak akan merusak poeralatan masak karena sudah di rancang dengan khusus untuk menjaga peraslatan maak anda supaya tetap awet dan tahan lama dan aman.

memasak Lebih aman

di utamakan dalam hal keamanan darei segi kompor ini yang mana keamanan lebih penting ketika saat memasak akan lebih mudah menyenangkan dan praktis selanjutnya dengan fitur keamanan ini sangat berguna bagi para penggna kompor listrik ini.

Tidak meninggalkan asap

sudah teruji dan terbukti bahwa kompor listrik ini tidak akan menimbulkan asap sedikitpun yang mana dengan menciptakan fitur canggih dari kompor ini maka tidak akan ada yang namanya polusi di dapur anda ketika anda memasak.

Praktis Desainnya menarik

dari desain yang canggih dan unik kompor listrik ini memanglah sangat menarik dan unik tentunya di semua jenis kompor listrik pun semua sangat unik dan menarik dari segi harga pun juga menarik uang anda untuk membeli sebuah kompor listrik ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.