Jaman Sekarang Wajib Tahu Peralatan Masak Terdahulu Ini!

Jaman Sekarang Wajib Tahu Peralatan Masak Terdahulu Ini!

Peralatan Masak Terdahulu – Peralatan masak di dapur merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihilangkan di rumah, apalagi jika Anda sering memasak makanan sendiri untuk konsumsi sehari-hari.

Bahkan jika Anda bukan tipe orang yang sering memasak, Anda tetap membutuhkan peralatan dapur dasar. Beberapa peralatan masak ini mungkin telah dilupakan oleh banyak orang, terutama yang berada di kota-kota besar, dan sebelum banyak peralatan masak modern, furnitur semacam ini digunakan untuk memasak untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Namun peralatan masak tradisional ini masih digunakan secara teratur untuk beberapa keperluan, dan bagi masyarakat yang masih tinggal di pedesaan, peralatan masak ini masih menjadi bahan pokok dalam kegiatan kuliner sehari-hari. 

Sebelum menuju ke pembahasan anda perlu tahu dulu apa itu alat tradisional yang di gunakan nenek moyang kita untuk memasak di dapur?

Alat Masak Tradisional

alat atau benda merupakan suatu barang yang memiliki kegunaan atau manfaat nah sama halnya dengan alat masak tradisional yaitu suatu alat untuk masak yang kaya akan manfaat dan kegunaannya sangat banyak namun kita menambahkan kata tradisional yang mana benda masak tersebut ialah sebuah benda yang di manfaatkan 

Baca Juga : Jasa Service Kompor Tanam & Oven Jakarta Selatan

pada zaman dulu pada masa nenek moyang kita dulu di pergunakan sebahai alat untuk memasak di dapur selanjutnya di bawah ini ada beberapa alat tradisonal yang di gunakan untuk memasak oleh nenek moyang maupun pada zaman kita saat ini pun masih ada.

Berikut 5 peralatan masak kuno yang hampir terlupakan:

1. Dan Dang

Yang Pertama Ada Dan Dang adalah alat masak tradisional yang digunakan untuk menanak nasi. Dan Dang biasanya terbuat dari tembaga, berwarna kuning keemasan dan berbentuk seperti topi pesulap terbalik. Gunakan gabus untuk memasak/mengukus nasi.

2. Steamer Bambu

Kukus bambu atau “Aseupan” demikian sebutan orang Sunda, merupakan alat masak yang melengkapi dandang dalam menanak nasi. Aseupan ini terbuat dari bambu dan berbentuk seperti kerucut.

3. Kompor tungku api

Tungku, atau lebih dikenal dalam bahasa Sunda sebagai hau, adalah alat masak (kompor) yang terbuat dari tanah liat atau tumpukan batu bata. Bahan bakar untuk memasak adalah kayu bakar. Masih banyak masyarakat yang menggunakan kompor, terutama di pedesaan yang penduduknya masih tergolong rentan.

Untuk memasak, alat ini membutuhkan kayu sebagai bahan bakar. Meski zaman sudah modern, masih banyak orang yang senang memasak di atas kompor tradisional ini lho.Rasa makanan yang dimasak di atas kompor tradisional ini dinilai memiliki cita rasa yang unik dan enak.

4. Palet kayu

Peralatan masak ini mungkin hanya dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Bentuknya menyerupai miniatur bagian bawah pot, dan bahannya terbuat dari kayu keras seperti nangka dan kelapa. Dulang Sunda digunakan untuk mendinginkan nasi yang baru dimasak.

5. Kipas bambu

Kompor tradisional ini berfungsi sebagai kipas, yang menghasilkan udara dan di gunakan untuk mendinginkan nasi.yang sudah di nanak pada tungku api menggunakan kayu bakar 

6. Kastor Penanak Nasi Tradisional

Kastrol adalah kompor tradisional Sunda yang biasa di gunakan untuk membuat ketan atau bubur.

Memasak dengan jarak di anggap lebih enak daripada memasak dengan panci biasa. Oleh karena itu, kastor seperti itu masih sering di gunakan sampai sekarang.

7. Cobek Alat Ulekan Tradisional

Alat masak tradisional yang masih di gunakan sampai sekarang adalah lesung atau alu. Meskipun sekarang mungkin untuk membantu menggiling bumbu dengan menggunakan mixer listrik.

Namun, menggunakan lesung dan alu untuk menggiling bumbu di anggap menghasilkan rasa yang lebih enak. Jadi keberadaan lesung ini masih ada sampai sekarang.

Cobek adalah peralatan masak yang terbuat dari batu yang di bentuk sedemikian rupa sehingga terdapat lubang di tengahnya.

Lubang lesung akan memudahkan Anda untuk menggiling bumbu atau membuat saus pedas. Hingga saat ini cobek masih menjadi yang paling di gemari dan di pastikan selalu ada di dapur kebanyakan orang Indonesia.

8. Serutan Keripik Dari Kayu

Apakah Anda suka makanan ringan yang renyah? Nah, jika Anda ingin membuat jajanan ini di rumah, Anda harus memiliki alat dapur ini.

Serutan merupakan alat sederhana dengan bahan utama kayu.

Pada alat ini terdapat mata pisau di tengahnya. Pisau mana yang akan membantu Anda memotong pisang atau umbi-umbian menjadi bentuk yang halus dan kecil.

Tidak seperti memotong dengan tangan dengan pisau, memotong keripik dengan peralatan masak tradisional cenderung lebih cepat dan lebih bersih, bukan?

Baca Juga : Jasa Service Oven Jakarta Selatan Berpengalaman 

Dilihat dari berbagai macam peralatan masak tradisional, sepertinya peralatan tersebut masih sangat di butuhkan hingga saat ini bukan?

Namun, selain melengkapi dapur dengan semua furnitur yang serasi, tak ada salahnya juga jika Anda mempertimbangkan desain area dapur yang terbaik.

Menjaga dapur tetap rapi dan luas akan membuat pemiliknya merasa lebih nyaman saat melakukan aktivitas di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.