Waspada Serangga Kecil Bernama Rayap Merusak Peralatan Kayu Dapur

Waspada! Serangga Kecil Bernama Rayap Merusak Peralatan Kayu Dapur

Rayap Di Dapur – Rayap adalah serangga kecil seukuran sebutir beras, tetapi kerusakan yang ditimbulkannya bisa sangat serius.

Karena ukurannya yang kecil dan pekerjaan rayap yang tidak bersuara, banyak penduduk yang sering tidak menyadari ancaman tersebut.

Ancaman rayap terhadap tempat tinggal tidak dapat diidentifikasi sampai serangga tersebut merusak tempat tinggal. Rayap dapat menghancurkan rumah dan bahkan menyebabkan kerusakan yang mahal di kemudian hari.

Rayap dikenal sebagai pecinta kayu. Salah satu ruangan di rumah yang banyak menggunakan kayu adalah dapur. Rayap lebih cenderung makan di berbagai permukaan kayu di dapur.

Mengenal Rayap

Mengenal Rayap

Rayap atau anainai merupakan hama utama  kayu. Serangga ini hidup  berkoloni, bersarang dan hidup dengan memakan kayu sehingga menimbulkan kerusakan dan kerugian ekonomi

Rayap hampir identik dengan semut, sehingga sering disebut sebagai “semut putih”. Serangga ini juga memiliki nama yang berbeda di setiap daerah, misalnya anaiai di  Sumatera, Rangas di  Jawa Tengah, rinyuh dan sumpiyung di  Jawa Barat.

Baca Juga : Service Kompor Tangerang Semua Merk

Rayap merupakan serangga purba yang berumur sekitar 200 juta tahun dan masih hidup hingga saat ini. Meski dianggap sebagai serangga perusak dan keberadaannya masih terus diupayakan pemberantasannya, ternyata serangga herbivora ini memiliki peran penting bagi lingkungan.

Untuk menghindarinya, berikut beberapa tanda rayap di dapur:

Lantai kayu gelembung

Lantai kayu sering menjadi pilihan banyak dapur karena mempercantik dan memberikan kenyamanan.

Namun, jika Anda melihat gelembung udara atau lepuh aneh di lantai kayu Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa rayap sudah ada di dalam. Untuk itu, Anda harus segera mengambil tindakan untuk mengatasinya, karena serangan rayap sangat serius.

Permukaan kayu yang berlubang dan rusak

Kayu yang berlubang atau rusak merupakan tanda serangan rayap. Kerusakan ini dapat ditemukan di bawah dan di belakang permukaan seperti dinding dapur, lantai, lemari dan rak.

Kayu yang berlubang dan rusak ini disebabkan oleh rayap yang mengunyah kayu untuk mencari selulosa. Akibatnya, ia meninggalkan alur yang panjang dan mengurangi kekokohan properti.

Saat dipukul, kayu berlubang ini mengeluarkan suara berlubang, mirip dengan drum kosong.

Adanya sayap rayap

Seperti beberapa serangga lainnya, rayap bergerak berkelompok, membuat keberadaan mereka lebih mudah di deteksi.

Setelah melihat sayap rayap di sekitar dapur Anda, baik di dekat jendela, pintu, atau pintu masuk lain ke rumah Anda, kenyataan yang menyedihkan adalah rayap telah menyerbu rumah Anda.

Koloni rayap adalah usaha rayap untuk mencari pasangan atau tempat yang ideal untuk membentuk koloni baru.

Pada saat itu, rayap akan melepaskan sayapnya bersama-sama karena tidak lagi membutuhkannya dan siap membentuk koloni baru, termasuk di dapur.

Menyadari rayap adalah kunci untuk menghemat peralatan dapur dan seluruh rumah Anda.

Adanya kotoran kayu

Rayap kayu kering mencari perlindungan di kayu. Rayap membangun terowongan yang sering ingin mereka bersihkan saat mereka menggali dan memakan kayu yang mereka tempati.

Untuk melakukan ini, rayap membuat lubang kick-out, yang juga merupakan tempat rayap buang air. Karena memakan kayu, kotoran rayap seperti kayu, seperti tumpukan pelet.

Jika Anda melihat banyak partikel, itu berarti raya ada di dapur Anda.

Cara Menghilangkan Rayap Di Dapur

Serangan rayap dapat menimbulkan kerusakan  bangunan dan korban jiwa yang tidak bisa diabaikan. Untuk membasmi serangga pemakan selulosa ini, seseorang dapat menggunakan penolak rayap seperti asam borat atau asam borat. Asam borat

memiliki efek membunuh rayap dengan cepat  dalam waktu singkat. Caranya Anda masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot lalu semprotkan pada sarang rayap atau lokasi yang di curigai rayap seperti di dapur

Selain menggunakan cairan kimia ini, Anda juga bisa membasmi rayap dengan campuran  tembakau dan jus kumquat. Campuran zat tersebut berfungsi untuk mengusir rayap dari kayu, tanah dan pepohonan.

Metode pengendalian dan pencegahan

Selain memberantas rayap yang  bersarang di lingkungan kita, tindakan pengendalian dan pencegahan juga harus di lakukan. Cara yang bisa di lakukan antara lain mengawetkan kayu, memberi makan rayap, dan merawat tanah.

1. Pengawetan Kayu

Jika furnitur di dalam rumah terbuat dari kayu yang tidak tahan  rayap, kita bisa menggunakan cat kayu anti rayap untuk melapisi bagian luar furnitur setiap 6 bulan sekali.

Selain itu, agen anti rayap juga dapat di gunakan, termasuk garam Wolman, yang berguna untuk pengawetan kayu interior. Untuk kayu eksterior, Anda bisa menggunakan pengawet kayu berupa larutan Kreosoft.

2. Pemberian Racun Untuk Rayap

Cara ini di lakukan dengan meracuni rayap pekerja dengan tujuan agar racun yang di berikan dapat menyebar ke seluruh koloni rayap. Triknya adalah membuat racun yang bekerja lambat di kayu yang mulai di makan rayap pekerja.

3. Menaburkan Bahan Kimia Di tanah

Metode ini melibatkan penggunaan penghalang kimia seperti pestisida sintetis dan tumbuhan yang tersebar di tanah atau di sekitar bangunan.

Pestisida sintetik adalah pestisida yang berasal dari bahan kimia dan banyak di gunakan oleh masyarakat umum. Namun penggunaan bahan kimia tersebut dalam jangka panjang akan menimbulkan pencemaran lingkungan, pencemaran tanah dan pencemaran udara.

Sedangkan pestisida nabati adalah pestisida yang terbuat dari bahan alam seperti tumbuhan yang dapat di gunakan untuk mengendalikan hama. Berbeda dengan insektisida sintetik, insektisida nabati sangat aman dan ramah  lingkungan.

Selain 3 cara di atas, ada cara lain untuk mencegah rayap yang bisa kita lakukan, yaitu:

Baca Juga : Service Kompor Tangerang Selatan

  • Segera perbaiki pipa  air jika terjadi kebocoran, jangan sampai kondisi lingkungan basah.
  • Jangan biarkan tanaman merambat tumbuh di struktur  karena ini akan memungkinkan serangga masuk  ke dalam rumah.
  • Singkirkan pohon  dan tunggul mati karena dapat menjadi sarang rayap.
  • Singkirkan serpihan kayu dari sekitar rumah Anda karena ini bisa menjadi habitat ideal bagi rayap.

Nah itu dia Jika ada rayap di rumah anda maka anda harus kenali beberapa tanda nya seperti pada artikel ini sekaligus dengan penjelasan mengenai cara membasmi rayap di dapur di berikan tips dan trik nya di atas semoga bermanfaat bagi anda dan memberikan solusi atas permasalahan di dapur seperti adanya rayap.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.